POPULAR STORIES

Ini Alasan Jorge Lorenzo Pensiun Dari Balapan MotoGP

Ini Alasan Jorge Lorenzo Pensiun dari Balapan MotoGP Jorge Lorenzo

KabarOto.com - Kabar mengejutkan datang dari jagad balapan MotoGP. Setelah beredar rumor tentang rencana didepaknya pembalap Jorge Lorenzo dari tim balap Repsol Honda, kemarin (14/11). Mungkin agar tak keduluan, Lorenzo malah mengumumkan pensiun dari dunia balap.

Umumkan diri pensiun dari balap

"Yah, seperti yang Anda bayangkan, saya di sini untuk memberi tahu bahwa hari ini telah tiba untuk saya. Saya ingin mengumumkan ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP, dan bahwa pada akhir balapan ini saya akan pensiun dari balap profesional," ujar Lorenzo saat sesi konferensi pers di Valencia.

Baca Juga: Ada Maling Spare Parts Di MotoGP Malaysia 2019?

Lorenzo, yang saat ini berusia 32 tahun dan masih bergabung di Repsol Honda. Sayangnya, disanding dengan Marc Marquez, tak sekalipun pria Spanyol ini naik ke podium bahkan jelang seri penutup di Valencia akhir pekan ini belum sekalipun finis terbaik 10 besar. Ia sudah 17 tahun berkiprah di ajang MotoGP, dengan koleksi lima gelar juara dunia tiga di antaranya di kelas utama bersama Yamaha, masing-masing pada musim 2010, 2012, dan 2015.

Saat memberikan keterangan pers

"Saya selalu berpikir ada empat hari penting dalam karir seorang pembalap. Balapan pertama Anda, kemenangan pertama Anda, kejuaraan pertama Anda dan kemudian hari Anda pensiun," kata Lorenzo.

Keputusan itu diambil Lorenzo setelah terpuruk bersama Repsol Honda. Musim ini Lorenzo hanya mampu meraih 25 poin dari 18 balapan seri MotoGP 2019 dan berada di peringkat 19 klasemen. Cedera tulang punggung akibat rentetan kecelakaan yang dialaminya, menjadi faktor performanya terus menurun.

"Sayangnya, cedera segera datang dan memengaruhi peran penting di musim saya, sehingga saya tidak bisa melakukan balap dalam kondisi fisik normal. Ini, ditambah sepeda yang tidak pernah terasa alami bagi saya, membuat balapan saya sangat sulit," ungkapnya.

Cedera membuat penampilannya kian buruk

Pascapindah dari Yamaha di tahun 2016, Lorenzo sempat menjalani balapan bersama pabrikan Italia, Ducati. Selama di Ducati, Lorenzo mengalami kesulitan untuk memenangi balapan, karena dirinya tak kunjung menyatu dengan motornya. Pada musim 2017, ia hanya finis di posisi ketujuh klasemen akhir.

Baca Juga: MotoGP Malaysia 2019: Kemenangan Maverick Vinales Untuk Afridza

Adapun pada musim berikutnya, posisi Lorenzo malah melorot ke peringkat kesembilan, meskipun tiga kali naik podium kemenangan. Mulai musim 2019, Lorenzo hengkang ke Repsol Honda.

Namun, ia juga tak kunjung tampil mengesankan. Cederanya juga diperparah, saat ia mengalami crash yang buruk dalam tes Montmelo.

"Pada akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Carmelo dan Dorna untuk membuat MotoGP begitu hebat. Derbi, Aprilia, Yamaha, Ducati, Honda. Jelas ibuku yang membawaku ke dunia ini. Ayah saya, penggemar saya dan klub penggemar saya. Terimakasih untuk semuanya," tutup Lorenzo.