POPULAR STORIES

Ini Alasan Yamaha Pertahankan Mesin Scorpio-Z

Ini Alasan Yamaha Pertahankan Mesin Scorpio-Z (Dok. Istimewa)

Kabaroto.com - Perubahan yang signifikan pada bodi Yamaha Scorpio-Z ternyata tidak diiringi dengan perubahan kapasitas mesin pada sepeda motor sport itu. Apa alasan Yamaha?

Yamaha mempertahankan mesin berkapasitas 225 cc, SOHC 1 silinder 2 valve 4 tak , berpendingin udara dengan tenaga mencapai 18,2 PS.pada putaran 8.000 rpm.

Baca Juga:


Yamaha menilai bahwa mesin tersebut masih terbilang mumpuni. Terlebih, tidak ada produsen sepeda motor di Indonesia yang sanggup menyangi kemampuan mesin Yamaha Scorpio-Z.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah ada mesin motor yang sanggup melawan tenaga mesin Scorpio-Z? "Rival kita saja tidak sanggup melawan tenaga mesinnya Scorpio-Z,” kata Divisi Service PT YMKI, Muhammad Abidin di acara perkenalan Yamaha Scorpio-Z di Le Bridge, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/8/2017).

"Itu karena mesinnya masih bagus. Maka dari itu, kita pertahankan kapasitas mesinnya, " lanjut pria yang akrab disapa Abidin itu, buat apa merubah kapasitas mesin Yamaha Scorpio-Z".

Yamaha pun hanya mempermak tampilan Scorpio-Z dari depan hingga buritan. Perubahan itu membuat tampilan motor lebih berisi dan segar. Dengan desain yang mengusung gaya sport dan cruiser, Yamaha yakin Scorpio-Z tetap dipilih konsumennya.

"Konsumen kita masih setia, para komunitas pengguna Scorpio-Z salah satunya. Banyak yang bilang mesin masih sangat baik, untuk apa mengubah mesin. Wajahnya saja disegarkan selain mesin yang tidak berubah, yamaha juga tetap mempertahankan sistem pengereman Scorpio-Z. Motor terbarunya itu masih percaya dengan rem depan cakram dan rem tromol untuk roda belakangnya," dia menambahkan.

"Sementara itu jika tuntutan pasar meminta perubahan pada kapasitas mesin Scorpio-Z. Yamaha terpaksa harus mempertimbangkannya. Karena banyak yang harus dipikirkan, salah satunya dari bentuk bodi. Kalau mesin berubah tentu bodi yamaha scorpio z juga harus lebih menantang. Dan dari sisi harga juga akan banyak bertambah, namun yamaha belum ada tindakkan sampai kearah itu,” tutup Muhammad Abidin.