POPULAR STORIES

Ini, Alasan Pikap Chevrolet Lawas Masih Laku Miliaran Rupiah

Ini, Alasan Pikap Chevrolet Lawas Masih Laku Miliaran Rupiah Foto: Kipli / Chevrolet

KabarOto.com - Pernahkah terpikirkan kalau double cabin pikap Chevrolet Colorado sobat KabarOto, suatu saat menjadi milik seorang kolektor? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Di awal tahun ini di Arizona, Amerika Serikat, Chevrolet K10 4X4, sebuah pikap keluaran tahun 1969, yang telah direstorasi dan dimodifikasi terjual dengan harga $137.500 (sekitar Rp 1,9 miliar) di sebuah acara pelelangan.

Tak kalah mengesankannya, pikap Chevrolet klasik lainnya yang dikenal masyarakat juga telah terjual dengan harga yang lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan semakin meningkatnya minat terhadap model-model ini.

“Pikap antik Chevrolet cukup populer di kalangan para kolektor, bahkan menyaingi tipe muscle car,” ujar Craig Jackson, Chairman and CEO of Barrett-Jackson Auction Company.

“Fenomena yang sangat menarik adalah ternyata para kolektor cenderung memburu kendaraan yang dinilai unik dan sangat berbeda. Muscle car yang menjadi kendaraan koleksi adalah mobil-mobil yang dinilai setimpal antara kualitas produk dan harganya. Sementara pikap antik yang paling menjadi incaran para kolektor adalah jenis pickup truck yang telah seluruhnya dikastem dan elemen desain yang unik serta pengerjaan kastem dengan kualitas tinggi merupakan kriteria yang penting bagi mereka," imbuhnya.

Baca Juga: Menilik Kemegahan Ford F1 1948, Proyek Istimewa G Speed Indonesia

Di dunia kendaraan kolektor, “Angka yang tepat” untuk menggambarkan nilai sebuah kendaraan adalah ketika di kendaraan tersebut masih dijumpai banyak komponen utama yang asli. Namun ketika faktor ini menjadi penting dalam menilai sebuah Chevrolet Corvette atau Camaro muscle car, tetapi kriteria tersebut tidak terlalu berpengaruh dalam kategori vintage pickup-truck.

Menurut para pakar di bidangnya, pickup truck klasik yang dimodifikasi, seperti Chevrolet 3100, Apache, Cameo dan model C/K keluaran tahun 1950-70an, merupakan sebuah tren yang muncul di dalam dunia kendaraan kolektor sebagai cara praktis untuk memasuki pasar kolektor mobil klasik.

“Salah satu daya tarik pikap klasik Chevrolet adalah kesempatan mengkastem pickup truck sesuai selera dan impian Anda,” ujar Sandor Piszar, Marketing Director Chevrolet Trucks.

“Sebuah pikap mudah ditemukan dengan harga yang relatif rendah, namun tidak demikian dengan biaya pengerjaan modifikasi bodi, sasis, dan peningkatan performa kendaraan yang nyaris tanpa batas. Dalam hal ini, tidak salah jika pikap Chevrolet merupakan pilihan yang tepat bagi para kolektor dari berbagai usia,” tambahnya.

Desain khas Amerika yang nampak jelas turut memperkuat daya tarik pikap Chevrolet. Hal ini menurut pihaknya dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukan bahwa desain eksterior merupakan hal terpenting saat konsumen ingin membeli sebuah kendaraan.