POPULAR STORIES

Ini Arti Kode AS Pada Kaca Mobil

Ini Arti Kode AS pada Kaca Mobil

KabarOto.com – Setiap komponen mobil pastinya sudah melewati berbagai riset agar bisa menjadi sebuah mobil utuh dan tentunya awet. Dari ribuan komponen yang melekat, satu-satunya bagian penunjang visual kita ke luar hanyalah kaca.

Kaca mobil sendiri juga tentunya punya bahan dan spesifikasi tertentu agar bisa digunakan. Tapi apa pernah memperhatikan kode pada kaca mobil kalian?

Kode AS1 biasanya digunakan pada kaca depan saja.

Dari sekian banyak tulisan di kaca, pasti terselip tulisan AS, diikuti nomor 1, 2, atau 3. Kode tersebut memiliki arti tertentu, namun apa Sobat KabarOto tahu arti kode itu?

Kode tersebut merupakan standar keselamatan Amerika untuk visibilitas aman sob.

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi Titik-titik Hitam Pada Kaca Mobil

Ada perbedaan antara kaca depan dan samping, sebab kalau dilihat untuk kaca depan biasanya kodenya menunjukkan AS1, artinya adalah cahaya yang tembus kedalam mobil tidak kurang dari 75%.

Sehingga tidak menghalangi pandangan ketika berkendara, oleh karena itu tidak dianjurkan menggunakan kaca film terlalu gelap pada kaca depan.

Kode AS2 digunakan pada kaca sisi samping dan belakang.

Beralih ke kaca samping dan belakang, kalau melihat kode AS2. Menandakan kalau intesitas cahaya masuk tidak boleh kurang dari 70%, itulah sebabnya biasanya kita dapat menggelapkan bagian kaca samping serta belakang sob.

Baca Juga : Tenang, Kaca Mobil Retak Bisa Direparasi Sob

Sebenarnya ada untuk AS3 namun sangat jarang ditemui, berarti intensitas cahaya dapat kurang dari 70%. Namun terlalu gelap sehingga tidak aman untuk visibilitas berkendara.