POPULAR STORIES

Ini Bahaya Menyalakan AC Langsung Saat Mesin Mobil Nyala

Ini Bahaya Menyalakan AC Langsung Saat Mesin Mobil Nyala

Kabaroto.com - Panasnya udara di kota besar seperti Jakarta membuat sebagian besar pengemudi langsung memasang AC saat mobil dinyalakan. Memang situasi ini membuat suasana kabin menjadi sejuk dan dingin, dan rasa penasnya pun akan segera hilang. Nah ternyata menyalakan AC saat mesin dinyalakan adalah hal yang buruk, dan tidak dianjurkan oleh mekanik manapun. Dan ternyata menurut kesehatan, AC yang bercampur dengan udara kabin yang telah lama ditinggalkan bisa menyebabkan kanker.. mau Tahu kenapa?

Menurut sebuah penelitian radiasi sinar matahari menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok dan bahan lain yang ada di dalam kabin. Panas yang ada didalam kabin tersebut menghasilkan zat baru, yang diantaranya bernama Benzena, racun penyebab kanker (karsinogen).

Selain menyebabkan kanker, Benzena juga bisa meracuni tulang-tulang ditubuh kita yang membuat menurunnya sel darah putih didalam tubuh kita serta membuat Anemia.
Mau naik mobil? OK silahkan, tapi buka dulu semua kaca, lalu nyalain AC selama beberapa menit, silahkan jalan, baru kemudian jendelanya ditutup setelah beberapa menit.