Ini Bentuk Generasi Pertama Honda Mobilio

Ini Bentuk Generasi Pertama Honda Mobilio

KabarOto.com – Mungkin belum banyak orang yang mengetahui, ternyata Honda Mobilio yang dijual di Indonesia bukanlah generasi pertama loh. Melainkan sudah termasuk generasi kedua, dimana berbagi platform dengan Honda Brio dan Honda BR-V.

Honda Mobilio sendiri termasuk kelas LMPV yang bersaing dengan sekelas Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina dan lainnya.

Mobilio generasi pertama ini sebenarnya hanya dijual untuk pasar Jepang, yang dijual oleh diler Honda Verno. Berbeda kelas dengan generasi pertama Mobilio, karena di Jepang, mobil ini sekelas dengan medium MPV seperti Toyota Sienta, Nissan Evalia, Honda Freed dan lainnya. Kenapa bisa dikatakan seperti itu? Mari kita lihat.

Varian Modulo yang lebih sporty dengan bodykit dan pelek racing.

Mobilio versi pasar Jepang saat itu, memiliki bentuk bodi mengotak, yang bertujuan untuk mensiasati ruang kabin agar lebih lega. Untuk versi biasa, memiliki desain bumper depan yang sederhana. Sementara untuk lampu depannya, mengusung desain kotak model multireflektor.

Baca juga : Galery Foto New Honda Mobilio RS

Bergeser ke sisi lain, kita bisa melihat bahwa ukuran kaca samping memiliki ukuran 50:50 dengan pintunya loh. Model pintu samping belakangnya model geser. Untuk peleknya, menggunakan pelek piring ukuran 14 inci dengan finishing warna silver, yang berbalut ban ukuran 185/65 R14.

Varian Modulo yang lebih sporty dengan bodykit dan pelek racing.

Selanjutnya, kaca belakang mobil ini terlihat lebih besar, desain lampu rem juga senada dengan bagian depan, model mengotak lengkap dengan lampu sein dan mundur yang menjadi satu. Adapula varian Modulo yang lebih sporty, hadir dengan full bodykit serta pelek racing.

Baca juga : Ini Dia SUV Pertama Proton X70, Siap Mejeng Di IIMS 2019

Konstruksi bodi tersebut juga sudah dibangun dari konstruksi G-CON Technology yang mampu meredam benturan saat kecelakaan yang lebih baik, untuk meminimalisir penumpang mengalami cedera serius.

Generasi awal ini juga memiliki ukuran yang lebih lebar dan tinggi ketimbang Mobilio baru, hal itu wajar mengingat kelasnya yang berbeda. Yaitu panjang 4,060 mm, lebar 1,690 mm dan tinggi 1,730 mm. Dengan bodi besar tersebut, mobil ini cukup lega untuk jadi MPV 7 penumpang, hingga terdapat 5 mode pengaturan tempat duduk loh, yaitu utility mode, long mode, twin mode, refresh mode, dan adjustment mode.

Dari sektor jantung mekanisnya, mobil ini masih menggunakan mesin sama seperti Honda Jazz i-DSI. Yakni 4 silinder SOHC L15A berkapasitas 1.500 cc. Sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 109 dk dan torsi 143 Nm untuk VTEC, sedangkan untuk i-DSI sanggup memuntahkan tenaga sebesar 89 dk dan torsi 131 Nm.

Transmisinya mengginakan CVT 7 percepatan yang disebut Honda dengan Honda Multimatic S, dari transmisi tersebut disalurkan ke roda depan, ada juga opsi dengan penggerak All Wheel Drive (AWD) loh.

Bagaimana menurut kalian Mobilio lama ini? lebih menarik?