POPULAR STORIES

Ini Dia SUV Pertama Proton X70, Siap Mejeng Di IIMS 2019

Ini Dia SUV Pertama Proton X70, Siap Mejeng di IIMS 2019 Proton X70

KabarOto.com - Wah, ada mobil SUV yang baru meluncur lagi nih Sob. Walaupun bukan di Indonesia, tapi mobil ini sempat membuat heboh karena ini merupakan SUV pertama dari brand otomotif asal negeri Jiran. Yup, Proton baru saja meluncurkan Proton X70 di Malaysia loh.

Ternyata Proton X70 ini merupakan facelift dari Geely Boyue yang dipasarkan di Cina. Bedanya Proton X70 merupakan setir kanan. Kabarnya lagi nih, SUV mewah ini bakalan ikut dalam jajaran mobil yang dipamerkan pada ajang IIMS 2019 akhir April ini.

Baca Juga: Geely Bin Yue Penuh Dengan Teknologi Ciamik

Untuk desain eksteriornya, mobil ini seperti SUV pada umumnya. Proton X70 memiliki lekukan-lekukan yang tegas pada bodinya dan head lamp yang tajam dengan lampu proyektor serta bagian lampu lain menggunakan LED. Sementara desain bumpernya terlihat lebih sporty ditambah dengan krom yang mengitari fog lamp LED.

Proton memiliki beberapa gaya desain yang unik, contohnya terlihat pada gril. Dilansir dari Paultan, gril yang digunakan Proton disebut "infinite weave". Desain ini terinspirasi dari ukiran kayu tradisional Malaysia. Desain ini juga menggantikan desain konsentris yang digunakan oleh Geely.

Pada bagian belakang terdapat bentuk lampu yang memanjang vertikal dengan tata letak yang seolah-olah terintegrasi pada plat. Proton X70 memiliki ukuran panjang 4.519 mm, lebar 1.831 mm, dan tinggi 1.694 mm. Mobil 5-seater ini memiliki panjang sumbu roda 2.670, sehingga terlihat cukup kuat.

Mobil ini memiliki tiga pilihan trim. Dari tiga pilihan trim ini memiliki ukuran pelek yang berbeda-beda juga. Untuk trim Standar disematkan pelek berukuran 17 inci, kemudian trim executive dengan ukuran pelek 18 inci, sedangkan trim Premium menggunakan ukuran paling besar yaitu 19 inci.

Nah masuk pada bagian interior, Proton X70 sangat mirip dengan Geely Boyue. Seperti dasbor, setir, hingga konsol tengah yang dibuat tinggi. Di dalam mobil ini terdapat empat port USB yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang.

Pada jok Proton X70 sudah dilengkapi dengan tombol yang ada pada bahu jok mobil seperti di Toyota Camry. Fitur yang disebut bos switch, digunakan untuk memudahkan penumpang di belakang mendorong kursi ke depan agar memiliki ruang gerak yang lebih luas.

Baca Juga: Geely Bikin SUV Mirip Dengan BMW X6 Dan X4

Untuk trim Premium, Proton menyematkan sound system Kenwood dengan sembilan speaker, termasuk subwoofer di bawah boot floor. Sedangkan trim Standar memiliki enam speaker dan trim Executive sebanyak delapan speaker.

Masih ada lagi fitur lainnya, seperti monitor touchscreen berukuran 8 inci dengan penyimpanan internal sebesar 16 GB. Mobil SUV ini juga ada fitur dengan nama Hi Proton yang berfungsi untuk mengontrol kendaraan dari kabin. Fitur ini mirip dengan Android dengan Ok Google dan IOs dengan Siri.

Jadi, penumpang bisa melakukan instruksi untuk beberapa bagian seperti kontrol AC, musik, navigasi bahkan sunroof. Contohnya ketika ingin mengubah suhu AC bisa ucapkan, "it's too cold." Nah, fitur ini bisa mengenal bahasa Inggris dan Malaysia.

Foto: Pautan.org

Proton X70 dilengkapi dengan mesin 4-silinder turbocharge yang memiliki kapasitas 1.800 cc TGDi. Dengan kapasitas tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 181 dk pada 5.500 rpm dan torsi 285 Nm pada 1.700-4.400 rpm, melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

SUV mewah ini juga sudah dilengkapi dengan tiga sistem kemudi loh, yaitu Eco, Normal, dan Sport. Masing-masing trim menggunakan sistem penggerak 2WD. Namun, khusus trim Executive terdapat dua pilihan sistem penggerak 2WD dan AWD.

Baca Juga: Kelanjutan Nasib Proton Di Indonesia Akhirnya Terungkap Sob!

Nah, untuk pilihan warna masing-masing trim disuguhkan dua warna berbeda. Varian Standar tersedia warna Snow White dan Armor Silver. Kemudian Executive 2WD dengan warna Jet Gray dan Cinnamon Brown, sedangkan varian AWD mendapat pilihan White dan Grey. Untuk trim Premium memiliki pilihan warna bermacam-macam, termasuk Flame Red yang cantik.

Saat ini harga jual Proton X70 dibanderol Rp 348,2 juta untuk Standar, Rp 382,8 juta untuk Executive 2WD, Rp 403,8 juta untuk Executive AWD, dan Rp 431,7 juta untuk trim Premium. Harga tersebut merupakan harga yang sudah di konversi dari ringgit ke rupiah, dengan harga 1 ringgit setara Rp 3.487.