Ini BMW K1600 Bager Korlantas Polri, Untuk Mengawal Presiden Dan Wakilnya

Ini BMW K1600 Bager Korlantas Polri, untuk Mengawal Presiden dan Wakilnya Motor untuk pengawalan Presiden dan wakil presiden (Foto:@ntmc_polri)

KabarOto.com - Polisi yang bertugas mengawal pejabat negara, biasanya dibekali dengan motor gede, agar bisa mengimbangi laju mobil yang digunakan oleh VIP dan VVIP, untuk melindungi tamu atau pejabat negara yang dikawalnya.

Berbagai merek mulai dari Jepang, Amerika sampai Eropa dengan spesifikasi dan teknologi canggih pun digunakan untuk mendukung tugas-tugasnya.

Beberapa waktu lalu sempat viral, petugas Kepolisian sedang mencoba sebuah motor dari BMW Motorrad, yaitu BMW K1600 Bagger. Motor ini, rencananya akan mendukung tugas Korlantas Polri untuk mengawal VVIP seperti Presiden dan Wakil Presiden.

Baca Juga: Perbedaan Antara BMW R18 First Edition Dan BMW R18 Classic

BMW K1600 dibekali mesin 1.649 cc (Foto:@ntmc_polri)

"BMW K1600 Bager menjadi salah satu kendaraan andalan dalam menunjang kinerja anggota Korlantas Polri," tulis akunInstagram @ntmc_polri dalam unggahan video. Tugas utamanya, menurut caption, digunakan untuk mengawal VVIP seperti Presiden dan Wakil Presiden.

Dalam video tersebut, dua anggota Kepolisian sedang menjajal, melewati berbagai cone yang sudah disiapkan. Keduanya melakukan manuver dengan motor yang sudah diberi warna putih dan biru khas Kepolisian.

Untuk spesifikasinya, motor ini dibekali dengan mesin 1.649 cc. Seri K pada BMW ini memberi arti konfigurasi 6-silinder segaris, dan mampu menghasilkan tenaga maksimal 160 dk pada putaran 7.750 rpm dan torsi 175 Nm di putaran 5.250 rpm. BMW Motorrad mengaku, motor ini bisa melaju dengan kecepatan 200 kpj.

BMW K1600 Bagger ini memiliki fitur Intelligence Emergency Call, yang akan aktif saat motor mengalami kecelakaan secara otomatis. Di saat fitur aktif, maka akan menyambungkan secara otomatis ke BMW Call Center dan mengirimkan bantuan.

Baca Juga: Profil BMW R18 First Edition 2021

BMW K1600 Bagger yang digunakan Kepolisian juga dibekali dengan fitur gigi mundur. Caranya mengaktifkannya, memasukkan posisi transmisi neteral, dan nyalakan tombol mundur hingga muncul R di layar. Motor kemudian akan bergerak mundur agar mudah keluar dan masuk tempat parkir.

Untuk harga, motor ini dibanderol Rp 1,15 miliar - Rp 1,25 miliar.