Profil BMW R18 First Edition 2021

Profil BMW R18 First Edition 2021 Foto : Deddy & Rizky

KabarOto.com – BMW Motorrad Indonesia meluncurkan R18 First Edition ke Indonesia pada November 2020. BMW R18, menjadi model cruiser pertama yang dihadirkan dengan citarasa yang berbeda dari model-model sebelumnya.

Joe Frans selaku CEO BMW Mottorad Indonesia mengatakan, pihaknya sangat antusias dapat menghadirkan cruiser terbaru ke pasar Tanah Air. “Model ini sangat unik dengan mesin boxer terbesar dari yang pernah ada,” ungkap Joe Frans melalui pernyataan resmi BMW Motorrad Indonesia.

Baca Juga : BMW R18 Classic, Lebih Mahal Rp100 Jutaan

BMW R18 sejatinya membawa nilai sejarah dari BMW R5 tahun 1936 yang kental dengan sisi klasiknya. Desain klasik ini pun juga masih kental pada era milenial melalui BMW R18. Secara tampilan, motor ini memiliki dimensi lebih besar dari pendahulunya dengan rangka double-loop tubular, tangki model tear-drop serta gardan yang bisa terlihat.

Untuk First Edition ini memiliki warna paduan hitam dan garis putih dipadukan dengan krom di beberapa komponen serta emblem ‘First Edition’ di bagian samping. Seperti ciri khas BMW, R18 menggunakan mesin 2 silinder boxer yang besar. Terlihat mesinnya memiliki pipa pembuangan yang besar dengan model seperti sirip ikan.

Headlamp LED multireflektor

Khusus untuk First Edition, jok hanya tersedia single seat saja dengan jarak pijak 690 mm. Tentu ini sangat rendah dan nyaman diduduki untuk rider yang tingginya di bawah 170 cm sehingga tidak perlu jinjit, Sob. Motor ini memiliki bobot yang berat yakni 340 kg.

Lalu, pada bagian batang kemudi yang lebar ini terdapat tombol-tombol untuk mode berkendara, hazard, menu dan info instrumen kluster di sebelah kiri, sedangkan di kanan hanya tersedia tombol engine cut-off dan engine start saja. Setang lebar ini tentu sangat nyaman dikendarai di dalam kota maupun luar kota. Lalu, bagian instrumen kluster model bulat ini menampilkan kecepatan berlayar multi information display (MID) dipadu beberapa informasi termasuk riding mode.

Baca Juga : Begini Cara Kerja Reverse Assist Pada BMW R18

Bagian lampu depan model bulat dengan sein yang menggantung di bagian setang ini sudah gunakan pendaran full LED. Begitu pula dengan bagian belakang lampu bentuknya mirip BMW S1000 RR ini mengusung model 3 in 1 di mana lampu sein, senja dan rem menjadi satu.

Bicara soal performa, BMW R18 dibekali mesin dua silinder Boxer dengan kapasitas 1.802 cc yang mampu menghasilkan tenaga 91 dk pada 4.750 rpm dengan torsi 150 Nm di 2.000 rpm. Tenaga itu tersambung dengan transmisi manual 6 percepatan dengan kopling kering, lalu disalurkan melalui gardan. Mesin besar ini masih mengandalkan pendinginan udara dan oli.

Bicara soal kaki-kaki, suspensi depan model teleskopik dan belakang model Steel swingarm dengan central shock strut. Pelek model jari-jari ini memiliki ukuran 19 inci dan 16 inci yang dibalut ban Bridgestone Battlecruise H50 ukuran 120/70 R19 untuk depan dan 180/65 R16 untuk belakang. Pelek ini disandingkan dengan dual cakram ukuran 300 mm dibekali cakram empat piston ganda di depan dan tunggal di belakang.

Baca Juga : BMW C 400 X Dan C 400 GT, Kejar Tekan Emisi

BMW R18 First Edition 2021 dibekali tiga mode berkendara, yaitu Rain, Rock dan Roll. Ketiga mode ini memiliki fungsi mengatur akselerasi, cara kerja rem ABS hingga ASC. Fitur keamanan lainnya yaitu engine drag torque control (MSR) dan Automatic Stability Control (ASC) untuk mengatur sinkronisasi putaran roda belakang dan depan. Mempermudah rider mundurkan motor saat parkir, terdapat reverse assist.

Bicara soal harga, BMW R18 First Edition 2021 dibanderol Rp 969 juta off the road. Jadi bagaimana Sob, berminat?