POPULAR STORIES

Ini Cara Kerja Assist And Slipper Clutch Honda CBR250RR SP Quick Shifter

Ini Cara Kerja Assist and Slipper Clutch Honda CBR250RR SP Quick Shifter Tes Ride Honda CBR250RR SP Quick Shifter

KabarOto.com - Agustus 2020 lalu, Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan Honda CBR250RR SP Quick Shifter. Motor ini diperkenalkan berdasarkan keinginan ara pencinta motor sport di Indonesia, yang menginginkan motor sport 250 cc dengan komponen Assist and Slipper Clutch serta Quick Shifter.

Honda CBR250RR SP ini juga menjadi satu-satunya motor sport di kelas 250 cc yang menggunakan teknologi tersebut. KabarOto kali ini akan mengulas Assist and Slippery Clutch. Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng memberikan sedikit pengerahuan tentang teknologi ini.

Baca Juga: Menguji FItur Baru Honda CBR250RR Bukan Di Sirkuit Balap

Assist memiliki arti membantu dan kata ‘Slippery’ berarti licin dari asal kata slip. Sehingga komponen ini memiliki tugas membantu mengurangi hilangnya tenaga putar, saat melakukan akselerasi kuat. Selain itu juga membantu mengurangi hentakan engine brake saat melakukan deselarasi drastis.

Menggunakan prinsip bidang miring yang bergerak secara mekanis sesuai keadaan yang dialaminya, jika akselerasi, maka makin kuat menekan. Dan sebaliknya, saat sedang deselerasi akan merenggangkan kampas kopling.

Rumah kopling hanya membutuhkan 3 pegas dari 5 pegas sebelumnya. Dengan jumlah pegas lebih sedikit membuat tuas kopling lebih ringan dan nyaman. Selain itu, motor akan lebih meluncur ketika gas tangan ditutup cepat, tidak membuat putaran roda belakang tertahan karena perbedaan putaran antara mesin dan roda belakang akibatkan gas tangan tertutup cepat.

Komponen tersebut didesain lebih optimal fungsinya saat digunakan di sirkuit, di mana yang diburu adalah waktu. Sehingga sangat membantu pembalap fokus menghadapi tikungan di kecepatan tinggi. Tidak akan terganggu dengan slip di ban belakang akibat engine brake karena gas tertutup scara drastis dan secara cepat pindah ke presneling rendah untuk menyiapkan akselerasi keluar tikungan.

Nah, saat motor menyudahi tikungan dan harus memulai akselerasi yang kuat, gas pun dibuka dengan putaran penuh, untuk bisa menghasilkan torsi yang besaar dan tenaga mesin yang kuat, maka kampas kopling harus ditekan meminimalkan tenaga putar terbuang karena slip kampas kopling.

Baca Juga: Honda Akan Jual Terpisah Quick Shifter CBR250RR SP

Kecepatan memindahkan presneling menjadi perhatian dalam hal memburu waktu, Quick Shifter membantu pindah presneling dengan sempurna tanpa menekan tuas kopling dan mengurangi bukaan gas. Slipper clutch tentu sangat dibutuhkan untuk pengendara roda dua di arena balap. Lalu bagaimana jika slipper clutch ini digunakan untuk harian, seperti misalkan menghadapi turunan tajam di jalan pegunungan?

Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng mengatakan, motor ini tak perlukhawatir untuk digunakan harian. Karena Slippery clutch ini hanya akan bekerja saat deselerasi secara ekstrim, atau dipaksa turun percepatan secara ekstream seperti di arena balap.

Jadi, pengguna Honda CBR250RR SP masih bisa memanfaatkan engine brake untuk membantu mempertahankan kecepatan saat menyusuri jalanan normal di turunan panjang. Bisa difungsikan untuk membantu kinerja rem.

Honda CBR250RR juga sudah mengaplikasikan perangkat ABS, dan juga sistem pengereman yang baik dan performa tinggi, karena di ciptakan untuk sirkuit dan juga harian. "Motor ini mudah dikendalikan, aman digunakan untuk harian," terangnya.