POPULAR STORIES

Ini Cara Kerja Sistem Dynamic Steering Yang Bikin Nyetir Truk Volvo Bisa Pakai Satu Jari

Ini Cara Kerja Sistem Dynamic Steering yang Bikin Nyetir Truk Volvo Bisa Pakai Satu Jari Truk Volvo FMX 400 VDS (KO/Edo)

KabarOto.com - Volvo Trucks Indonesia mengajak awak media untuk menjajal Truk anyar yang menggunakan teknologi Volvo Dynamic Steering di daerah Sentul, Bogor, Kamis (20/06/2019).

KabarOto pun berkesempatan untuk ikut menjajal truk Volvo FMX 400 buatan Swedia tersebut. Jujur saja, ini baru pertama kalinya saya mengemudi sebuah truk.

Baca Juga: Kementerian ESDM Road Test B30 Untuk Kendaraan Penumpang Dan Truk

Bayangan awal adalah truk tersebut bakal sulit dikendarai, dan butuh tenaga ekstra untuk memutar roda kemudinya terutama saat belokan.

Setir menjadi jauh lebih ringan dibanding non VDS

Namun, setelah naik dan mengemudikan truk berteknologi VDS tersebut, bayangan awal saya mendadak sirna. Setirnya enteng banget sob! bahkan saat mengambil belokan, bisa dioperasikan hanya dengan satu jari saking entengnya.

Lantas bagaimana cara kerja sistem VDS tersebut? Volvo Dynamic Steering berkerja pada sistem kemudi mekanis konvensional, pada poros terhubung ke roda kemudi. Unit servo hidrolik menghasilkan tenaga yang membantu pengemudi memutar lingkar kemudi truk.

Volvo menyediakan unit non VDS untuk perbandingan

Pada sistem volvo ini, motor listrik yang dikontrol secara elektronik ditambahkan pada poros kemudi. Motor listrik ini bekerja sama dengan power steering hidrolik yang menyesuaikan diri ribuan kali per detik, tergantung kondisi berkendara dengan diatur oleh unit kontrol elektronik.

Baca Juga: UD Trucks Luncurkan Truk BBM Kekinian

Saat kecepatan rendah, motor listrik akan menambah tenaga ekstra dan pada kecepatan lebih tinggi, motor listrik secara otomatis mengontrol kemudi dan melakukan kompensasi atas tekanan yang terjadi pada roda kemudi, misalnya akibat dorongan angin samping atau permukaan jalan yang tidak rata.

Tetap stabil saat permukaan jalan tidak rata

"Fungsi motor listrik adalah memberikan pengendalian yang akurat di setiap saat pengoperasian. Contohnya, ketika sensor sistem mencatat bahwa pengemudi ingin melaju lurus ke depan, maka sistem secara otomatis memastikan tidak ada hambatan permukaan jalan yang mempengaruhi arah roda kemudi," jelas Jurn Terpstra, MD Volvo Truck Indonesia.

POPULAR STORIES

HOT