POPULAR STORIES

Ini Cara Mengaktifkan Fitur ALDWS Di Peugoet 3008 Dan 5008 Untuk Cegah Micro Sleep

Ini cara Mengaktifkan Fitur ALDWS di Peugoet 3008 dan 5008 untuk Cegah Micro Sleep Peugeot 5008 Allure Plus (KO/Edo)

KabarOto.com - Berdasarkan data kasus kecelakaan yang dimiliki Kepolisian Republik Indonesia, ataupun Kepolisian di seluruh Negara di dunia. Presentase kecelakaan terbanyak di jalan raya, rata-rata dikarenakan mobil yang dikendarai keluar dari jalur.

Pemicunya adalah pengemudi terlalu lelah, serta mata mulai mengantuk. Karena alasan tersebut, beberapa produsen mobil mulai menghadirkan fitur keselamatan berkendara, yang berguna dalam kondisi micro sleep.

Baca Juga: Honda Civic Type R Limited Edition, Lebih Fokus Ke Sirkuit

Fitur ini, berfungsi memberikan peringatan kepada pengemudi, terutama saat kendaraan yang dikemudikan keluar dari jalur. Salah satunya adalah, fitur Active Lane Departure Warning System (ALDWS) yang dimiliki Peugeot 3008 & 5008 varian Allure Plus.

Hadirnya fitur ALDWS, jadi unggulan mobil pabrikan asal Prancis itu. "Fitur ALDWS di varian Allure Plus memang berbeda dengan pendahulunya, yaitu tipe GT Line. Di Allure Plus fitur ini benar-benar aktif," ucap Samsudin, Technical National PT Astra International Tbk - Peugeot.

Maksudnya, setir akan bergerak sendiri atau otomatis roda akan ke posisi jalur yang benar ketika pengemudi lalai atau mengantuk. "Sebab pengemudi yang mengantuk memiliki resiko mengubah jalur mobil secara tiba-tiba," jelas Samsudin.

Fitur ALDWS

Diakui Samsudin, memang beberapa produsen mobil lain sudah mengaplikasi fitur ini. Sayangnya, masih banyak pengemudi yang tidak memanfaatkan secara maksimal atau justru menonaktifkan.

Penyebabnya, bisa dari sistem peringatan yang dianggap mengganggu, atau pengoperasiannya yang dianggap rumit. Apalagi, biasanya dibarengi dengan bunyi alarm dan semakin keras, jika kondisi keluar jalur terjadi berulang-ulang.

Mencegah micro sleep

"Kelebihan fitur ini di varian Allure Plus. Pada saat berkendara normal dan driver dalam kondisi 'fit' meskipun ALDWS posisi 'On', fitur tersebut masih dapat mengizinkan mobil keluar jalur bila dibarengi penggunaan lampu indicator sein. Sehingga alarm tidak akan aktif," tambah Samsudin.

Baca Juga: Menjajal Peugeot 3008 Allure Plus Dengan Rute Jakarta-Solo

Cara kerja fitur ALDWS sendiri, didukung sensor kamera di bagian tengah atas kaca jendela depan. Sensor tersebut akan mendeteksi garis marka jalan, selama mobil tetap melaju di suatu lajur. Ketika pengemudi terdeteksi keluar dari garis marka jalan, indikator peringatan pada panel instrumen akan muncul.

"Karena sifatnya yang aktif, kalau indikator tersebut diabaikan, dalam beberapa saat kemudian ECU secara elektrikal akan melakukan intervensi ke setir mobil. Setir mobil akan berputar dengan sendirinya untuk mengembalikan laju mobil sesuai dengan lajurnya,” imbuhnya.

Fitur ini, dapat diaktifkan dengan menekan tombol 'tuts piano' bergambar mobil di bawah layar dasbor. Kemudian pada menu 'Driving functions' terdapat opsi ‘Help with changing lane’ dan pilih ‘On’. "

Dengan begitu fitur ALDWS menjadi aktif, dan secara otomatis mulai membaca sensor dari kecepatan 65 km/jam hingga 180 km/jam," pungkas Samsudin.