Ini Cara Pasang Fog Lamp Motor Yang Benar

Ini Cara Pasang Fog Lamp Motor Yang Benar

KabarOTo.com - Bagi pengguna motor, lampu standar dirasakan kurang memberikan penerangan maksimal di malam hari, khususnya saat melakukan perjalanan jauh atau touring. Penggunaan lampu tambahan fog lamp atau lampu kabut menjadi solusi, selain rata-rata sudah berteknologi LED, harga terjangkau juga mampu memberikan penerangan lebih maksimal.

Dengan penambahan fog lamp tentu akan membantu pengendara untuk melibas jalanan yang gelap atau ketika hujan deras atau berkabut saat touring. Tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin memasang peranti tambahan tersebut.

Baca juga: Variasi Lampu LED Untuk Beragam Motor
Contoh relay set

“Iya jika ingin pasang fog lamp lebih baik kita tambahkan kabel relay set. Jadi tidak ikut jalur kelistrikan dari bawaan motor, apalagi motor modern sekarang itu sekeringnya dan kabelnya itu kecil-kecil. Jadi, kalau tidak dipasangi relay kabelnya tidak kuat itu bisa menempel karena panas. Jadi kelistrikan si motor itu hanya untuk menyalakan relay saja, sedangkan arus listrik lampu itu dilangsungin dari relay ke accu,” ungkap Henry selaku pemilik Chudax Bikershop.

Selain relay set, Sobat harus memperhatikan ampere fog lamp serta kapasitas maksimal watt motor. “Kalau buat watt di motor beda-beda yah. Biasanya kalau di Honda itu pasang lampu modifikasi maksimal bisa sampai 140 watt. Kalau untuk Yamaha karena rata-rata masih pakai kiprok itu maksimal 90 watt saja, yang paling penting kelistrikan lampunya jangan melebihi ampere si accu,” lanjut Henry.

Baca juga: Mika Lampu Berembun Dan Masuk Air, Ini Tips Reparasinya

Lalu bagaimana jika memasang lampu fog lamp yang cukup banyak?

“Sebenarnya kalau banyaknya fog lamp terpasang itu tergantung dari peraturan jalan raya. Tidak berlebihan dan posisinya saat dinyalakan tidak menyilaukan pengendara dari arah berlawanan. Selain itu jika selama dipasang ada toleransi listrik ke lampu masih ada ya oke saja,” lanjut pria ramah tersebut.

Contoh pemasangan foglamp yang baik dan benar

Setelah memilih lampu yang tepat, jangan lupa untuk memasang crash bar sebagai tumpuan lampu fog lamp. Selain itu, tidak boleh setara atau di atas lampu utama dan jangan lupa atur arah ketinggian lampu fog lamp.

“Kalau ingin pasang fog lamp itu lebih baik di bagian bawah motor dan tidak boleh sejajar dengan lampu utama. Ingat fog lamp itu sebenarnya tidak boleh menyilaukan, jadi jangan lupa setelah memasang fog lamp harus mengatur arah ketinggian lampu,” tutup Henry.