POPULAR STORIES

Ini Cara Pilih Mobil Yang Cocok Untuk Pasangan Muda

Ini Cara Pilih Mobil yang Cocok untuk Pasangan Muda

KabarOto.com - Mobil bisa jadi salah satu target pasangan muda dalam jangka waktu dekat untuk memudahkan mobilitas mereka sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa memilih mobil pun harus bijak, Sob!

Nah, daripada pusing memikirkan tawaran bermacam-macam mobil, ada baiknya Sobat KabarOto simak tips dari asuransi Lifepal tentang pilihan mobil tepat bagi pasangan muda seperti dibawah ini.

Mobil tiga baris tempat duduk tentu lebih nyaman untuk digunakan untuk mengangkut lebih dari tiga orang. Mobil ini berguna untuk bepergian dengan kedua orangtua serta dua orang anggota keluarga kandung.

Mobil dua baris memiliki kapasitas maksimal lima orang. "Ketika Anda berniat mengajak pergi empat orang, maka salah satunya harus menggunakan mobil lain atau taksi online. Mobil tiga baris pun cukup nyaman digunakan jika keluarga sudah memiliki momongan," ujar Aulia Akbar CFP selaku financial educator dan periset Lifepal.

Baca Juga: Ikuti Tips Simpel Merawat Cat Kendaraan Di Cuaca Ekstrem

Membeli mobil bekas tentu bisa memunculkan risiko finansial, terlebih bagi orang awam karena kita tidak akan pernah tahu riwayat penggunaan mobil bekas tersebut.

"Belilah mobil baru agar Anda terbebas dari pengeluaran tak terduga. Jangan lupa pula untuk membeli mobil sesuai kemampuan," imbuhnya.

Bila memang harus mencicil usahakan agar tidak mencicil dalam jangka waktu lebih dari empat tahun. Usahakan pula agar cicilan bulanan tidak melebihi 35% dari total penghasilan bulanan Anda.

Semakin tinggi kapasitas mesin, makin tinggi pula konsumsi bensin dan makin mahal pula pajak kendaraan yang harus dibayar. Hal itu juga menunjukkan bahwa biaya operasional yang harus Anda keluarkan per bulan makin besar.

Baca Juga: Musim Hujan, Ini Tips Pilih Sarung Mobil Yang Baik Dan Benar

Beberapa merek mobil memiliki resale value atau harga jual yang baik. Maka pertimbangkan pulalah untuk memasukkan poin ini ke dalam kriteria mobil buruan Anda. Mengapa demikian?

Anggap saja dalam dua tahun setelah pemakaian, penghasilan Anda bertambah signifikan, dan Anda ingin mengganti mobil tersebut ke mobil yang lebih bagus, maka harga jual mobil pertama Anda tidak akan hancur.

"Mobil yang banyak dipilih masyarakat dan sering terlihat di jalan raya umumnya memiliki resale value yang baik. Bila Anda kebingungan, carilah informasi mengenai merek dan tipe mobil dengan resale value yang baik," tutupnya.