Ini Catatan Penjualan Mobil Toyota 3 Bulan Menjelang Lebaran

Ini Catatan Penjualan Mobil Toyota 3 Bulan Menjelang Lebaran All New Toyota Veloz jadi produk paling laris bulan April 2022 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, momen Lebaran sedikit banyak mempengaruhi penjualan mobil baru di Indonesia. Di mana, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga mengalami fluktuasi penjualan mobil pada tiga bulan menjelang Lebaran, tepatnya bulan Februari, Maret dan April.

Menurut Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor mengatakan bahwa di bulan Maret dan April penjualan mobil cukup terpengaruh dengan adanya momen Idul Fitri.

Di Bulan Maret yang notabene adalah kurang lebih satu bulan jelang Lebaran terlihat retail sales naik di level 30.935 unit dibandingkan perolehan bulan Februari yang ada di angka 21.187 unit.

Baca Juga : Toyota Highlander Pakai Mesin 4 Silinder Turbo, Lebih Kuat Dari V6

Booth Toyota di pameran otomotif

Sementara itu, di bulan April ada koreksi karena memang di minggu-minggu akhir sudah tidak terlalu efektif dan tercatat ada di angka 25.789 unit. Sedangkan, pada periode tahun ke tahun untuk bulan Januari-April 2022 ada di angka 100.817 unit, naik 25% dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan angka penjualan 80.176 unit.

"Untuk penjualan mobil kami bulan April itu sudah tidak terlalu efektif karena adanya libur Lebaran," jelas Anton saat dihubungi Kabaroto, Selasa (17/5).

Baca Juga : Toyota Venza Nightshade Edition Kuat Dengan Nuansa Hitam

Untuk penjualan produk terbanyak di bulan April 2022. Duo All New Toyota Avanza dan Veloz masih jadi yang terbanyak dengan penjualan total 6.685 unit (Avanza 4.150 dan Veloz 2.535), kemudian disusul Toyota Kijang Innova 4.430 unit, Toyota Rush 3.368 unit dan Calya 3.182 unit.

Untuk penjualan mobil baru hingga pertengahan tahun 2022, Toyota mengaku masih mempelajari kondisi pasar otomotif di Indonesia.

"Penjualan mobil hingga pertengahan tahun ini, masih kami monitor," pungkas Anton.