Ini Ciri-ciri Cat Orisinal Pabrik Skuter Vespa

Ini Ciri-ciri Cat Orisinal Pabrik Skuter Vespa Kipli

KabarOto.com - Skuter asal Italia, yakni Vespa memang banyak penggemarnya di Tanah Air, sejak dahulu hingga sekarang. Tak heran, kolektor pun berbondong-bondong memburu skuter antik dengan berbagai macam tipe itu.

Banyak pula aliran yang diusung para pecintanya, seperti modifikasi, restorasi, hingga tampilan orisinal atau bawaan pabrik. Meski mayoritas terkesan usang, namun di mata para penggemarnya, tampilan orisinal punya nilai tersendiri yang memikat hati mereka.

Lazimnya, Vespa orisinal paling mudah dikenali dari bagian catnya. Hal tersebut dikarenakan bodi dan cat bawaan pabrik punya ciri-ciri tersendiri dibandingkan Vespa yang sudah restorasi.

Baca juga: Sarat Akan Filosofi, Yuk Intip Tempat Skuteris Ravespa Yang Hits Di Makassar

Seperti yang tadi disinggung, lazimnya, karena termakan usia, cat tersebut lambat laun akan pudar dan menimbulkan goresan atau arsiran berwarna merah. Lapisan dasar tersebut yang sering dinamakan 'meni'.

"Meni lazim digunakan pada pabrikan Vespa zaman dahulu, namun kekurangannya adalah pelapis tersebut kurang baik untuk menangkal 'serangan' karat, maka dari itu, meni sudah tidak ada dan sekarang semua sudah menggunakan epoxy atau cat dasar," ujar Muhammad Wahyu dari Cikago Garage.

Pria yang biasa menangani mobil dan motor lawas tersebut juga mengatakan, bahwa justru Vespa yang masih orisinal bisa diidentifikasi dari timbulnya meni pada skuter lawas itu sendiri.

"Karena jika sudah cat ulang, apalagi jika sudah kerok total, meni itu sudah hilang, diganti dempul dan epoxy sebagai pelapis dasarnya. Jadi itu (meni) merupakan salah satu identitas Vespa yang masih orisinal pabrik," tandas Cimoh, sapaan akrabnya.

Baca juga: Mengusung Tema Edukasi, Indonesia Vespa Days 2022 Kembali Dihelat Di Jakarta Selatan

Mengamini hal tersebut, Om Beng selaku Founder Indonesia Vespa Days (IVD) menambahkan, bahwa meni lazim ditemukan di Vespa lawas atau medio 1950-an hingga 2000. "Sejak dahulu dan beberapa Vespa seperti PS dan PX Series yang masih menggunakan meni sebagai pelapis dasarnya," ujar penggeber Vespa PX berkelir merah itu.

Selain itu, banyak juga ditemukan stiker-stiker bawaan pabrik yang masih menempel di bodi Vespa lawas orisinal, "Walau sudah usang, namun itu salah satu identitas Vespa masih orisinal bawaan pabrik," katanya.