POPULAR STORIES

Ini Data Penjualan Mobil Hybrid Di Indonesia Selama 2019

Ini Data Penjualan Mobil Hybrid di Indonesia Selama 2019

KabarOto.com – Peralihan dari transportasi bertenaga BBM ke listrik memang mulai dirasakan di Indonesia beberapa waktu ini. Kesadaran Pemerintah dan masyarakat juga sudah cukup membuka jalan besar bagi kendaraan elektrik di Tanah Air.

Berbagai fasilitas untuk kendaraan listrik mulai diperbanyak jumlah dan areanya, serta banyak kebijakkan yang cukup menguntungkan pemiliknya seperti gratis penambahan daya, hingga bebas aturan ganjil-genap.

Merek mobil yang menyediakan kendaraan listrik sekarang memang belum terlalu banyak, mungkin ingin melihat pasar terlebih dulu, tapi sudah ada beberapa yang sengaja dijual dan dimasukkan resmi ATPM. Lalu bagaimana perkembangan penjualannya tahun 2019?

Baca Juga : Segway Ninebot Apex Motor Listrik Gaya Sport Nih

Nah menurut data Gaikindo, periode Januari hingga November 2019. Penjualan mobil listrik atau hybrid terbilang cukup baik. Walau tidak sebanyak mobil berbahan bakar konvensional, tapi dari hasil wholesale menunjukkan angka tidak sedikit loh.

Urutan paling pertama ada Toyota C-HR yang laku sebanyak 314 unit, mobil ini merupakan opsi paling murah ketimbang lainnya, dengan banderol sekitar Rp 539 juta. Lantas posisi kedua masih dari Toyota, yakni Camry Hybrid 182 unit. Harga untuk membawa pulang 1 unit Camry ke garasi berkisar Rp 828 juta.

Baca Juga : Bakal Jadi Pusat Produksi Kendaraan Listrik, Indonesia Ajak Negara Tetangga Berinvestasi

Lanjut ketiga masih sama dari Toyota, dengan Crown Hybrid. Walau tidak dijual untuk umum, tapi mobil ini laku hingga 102 unit loh. Selanjutnya divisi mewah Toyota, apalagi kalau bukan Lexus ES 300H dimana penjualannya sekitar 99 unit dan dibanderol Rp 1,15 miliar.

Posisi keempat lagi-lagi masih Toyota, kali ini dengan Corolla Altis Hybrid, ini merupakan pilihan termurah kedua karena harganya Rp 579 juta. Selanjutnya ada Mitsubishi Outlander PHEV, mobil yang baru dijual di GIIAS 2019 dan sudah dikirim ke dealer sebanyak 14 unit.

Sisanya terdapat elektrik supercar satu-satu, apalagi kalau bukan BMW i8 dengan harga Rp 4,23 miliar. Lalu SUV mewah UX 250h 3 unit, yang bisa dibawa pulang dengan harga Rp 915 juta. Serta paling akhir ada Toyota Alphard Hybrid dikirim sebanyak 2 unit, sempat diperlihatkan di IIMS 2019 mobil ini dijual Rp 1,4 miliar