POPULAR STORIES

Ini Deretan Mobil GT3 Blancpain GT World Challenge

Ini Deretan Mobil GT3 Blancpain GT World Challenge Sumber : www.gt-world-challenge-asia.com

KabarOto.com – Ajang balap mobil dengan performa tinggi memang jadi suatu hal yang menarik untuk disaksikan. Bukan hanya adu kecepatan, namun tampilan dari mobil masing-masing pembalap turut jadi perhatian para penikmat balap.

Salah satunya ajang Blancpain GT World Challenge yang juga diikuti oleh salah satu pembalap Indonesia Rio Haryanto. Penasaran mobil-mobilnya seperti apa? Yuk kita bahas!

1. Audi R8 LMS GT3 EVO

Audi mengikuti ajang Blancpain dengan andalannya R8, memiliki mesin naturally aspirated dengan konfigurasi V10, berkapasitas 5.2 liter, memiliki tenaga mencapai 585 dk dan torsimaksimal hingga 550 Nm. Dari tenaga tersebut lantas disambung ke transmisi sequential 6 percepatan dengan paddle shifters, untuk menggerakan roda belakang. Sehingga menghasilkan akselerasi 0-100 kpj hanya dalam 3,2 detik dan kecepatan maksimal hingga 305 kpj.

Baca Juga : Serius Garap Mobil Listrik, Audi Bakal Jegal Tesla Model 3

Mobil ini digunakan oleh beberapa tim seperti Audi Sport Team Absolute Racing, B-Quik Racing, Shaanxi Tianshi Racing Team, Singha Plan-B by Absolute Racing.

2. Ferrari 488 GT3

Merupakan mobil yang juga digunakan oleh Rio Haryanto untuk berjuang di ajang balap mobil ini. Dengan modifikasi sedemikian rupa hingga membuat bobotnya lebih ringan dan aerodinamik yang lebih baik . Berbekal mesin tengah V8 twin turbocharged berkapasitas 4.497 cc, dengan output tenaga 600 dk dan torsi maksimal 700 Nm.

Ferrari 488 ini digunakan oleh tim T2 Motorsport yang dinaungi Rio, dan HubAuto Corsa.

3. Honda NSX GT3 Evo

Dari Jepang juga tidak mau kalah, ada Honda NSX terbaru yang mengikuti Blancpain GT3 ini. Dibangun khusus oleh Performance Manufacturing Center di Marysville, Ohio. Disokong oleh mesin 3.5 liter twin turbocharged V6, mobil ini siap untuk bersaing dengan rival-rival sekelasnya. Ditambah juga transmisi sequential 6 percepatan yang cepat dalam perpindahan gigi.

Hanya ada 1 tim yang menggunakan NSX pada ajang Blancpain, yakni Arrows Racing.

4. Lamborghini Huracan GT3 Evo

Si banteng ngamuk dari Italia juga tidak ketinggalan nih, ikut dengan menghadirkan Huracan GT3 Evo. Performa Lamborghini yang bukan main-main walau keadaan standar turut diadu dalam ajang ini. Tentunya dengan berbagai modifikasi yang menunjang performanya, seperti penambahan aksesori canard, big wang, dan winglet yang semuanya berbahan karbon demi aliran udara lebih dinamis sehingga menghasilkan gaya tekan lebih agar mobil stabil di track.

Mengandalkan mesin V10 n/a 5.2 Liter, dengan output sebesar 640 dk dan 600 Nm, dilengkapi ECU kompetisi Bosch Motorsport MS6. Lalu disambung ke transmisi 6 percerpatan sequential gearbox dari Hör, yang bisa diatur lewat paddle shift.

Ada beberapa tim menggunakan Huracan seperti AMAC Motorsport, Vattana Motorsport, dan Vincenzo Sospiri Racing SRL.

5. McLaren 720S GT3

McLaren yang juga memproduksi mobil kencang, dan tenar di ajang balap tertinggi jet darat F1, turut meramaikan Blanckpain GT3 dengan 720S GT3. Dibangun dari sasis MonoCageII berbahan karbon fiber yang ringan dan kuat. Jantung mekanis dipercayakan pada mesin M840T, berkonvigurasi V8 4.0 liter twin turbocharged. Transmisi menggunakan model sequential 6 percepatan untuk menggerakkan roda belakang.

Salah satu tim yang menggunakan McLaren adalah ABSSA Motorsport.

6. Mercedes AMG-GT3

Mercedes yang juga jadi andalan dari Jerman, mengikuti balap dengan AMG-GT3, dimana mobil ini menggunakan beberapa perangkat aerodinamis seperti wide body, lubang udara lebih besar, dan diffuser.

Mesin racikan AMG n/a V8 6.3L, memiliki tenaga puncak 550 dk. Untuk transmisi yang digunakan sama dengan yang lainnya, sequential 6 percepatan, dan disalurkan ke roda belakang.

Baca Juga : Menyusul E 350 EQ Boost, Mercedes-Benz Pamerkan Varian Baru E 200 Avantgarde Dan E 300 SportStyle Avantgarde

TIm yang menggunakan mobil ini adalah Anstone Motorsport, Solite Indigo Racing, dan Triple Eight Race Engineering PTY LTD.

7. Porsche 911 GT3 R

Yang terakhir ada Porsche dengan 911 GT3 R, hadir dengan mesin Boxer 6 silinder, dilengkapi ECU kompetisi dari BOSCH MS 6.4, memiliki tenaga maksimal hingga 550 dk. Disambung ke transmisi Porsche 6 percepatan constant-mesh gearbox atau dalam arti lain sequential.

Tim yang memakai Porsche juga cukup banyak, seperti Absolute Racing, ARN Racing, JR-M, LM Corsa, dan Modena MotorsportS LTD.