POPULAR STORIES

Ini Dia, Bus Sekolah Cocok Untuk Daerah Pedalaman

Ini Dia, Bus Sekolah Cocok untuk Daerah Pedalaman

KabarOto.com – Bus sekolah umumnya berbentuk seperti mobil van biasa atau bus kecil pada umumnya, lalu identik dengan warna kuning. Namun hal itu sepertinya tidak berlaku bagi mobil Torsus Praetorian yang tampilannya sangat gahar.

Soal desain bus buatan Torsus ini memang sangat gahar dan sudah sangat siap off road. Standarnya sudah menggunakan lampu penerangan LED full baik lampu utama maupun lampu rem, lalu terdapat detail seperti aksesori underguard, lampu sorot LED bar di bagian atas, serta aksen over fender sekeliling bus. Dimensinya pun cukup besar dengan panjang 8.700 mm, lebar 2.540 mm, dan tinggi 3.600 mm.

Sementara dari kaki-kakinya, untuk pelek menggunakan ukuran 20 inci, dibalut ban MICHELIN model pacul ukuran 395/85R20 XZL TL. Sistem pengeremannya masih mengandalkan tromol depan belakang, serta settingan suspensi sengaja dibuat bisa digunakan off road oleh karena itu ground clearance mencapai 400 mm.

Baca Juga : Tok! Lincoln Continental Yang Ditumpangi Presiden John F. Kennedy Laku Rp5,5 Miliar

Mesin menggunakan kapasitas 6.900 cc turbo diesel, menghasilkan tenaga 290 dk dan torsi maksimal 1.150 Nm. Sementara transmisi memakai lansiran ZF 9S-1310 O dengan opsional otomatis atau manual, ini juga sudah berpenggerak 4x4. Namun walau tenaga besar, mobil ini hanya dibatasi kecepatan maksimumnya di 100 kpj saja.

Mengintip bagian kabin, nantinya Torsus Praetorian mampu menampung sekitar 35 orang anak. Dan uniknya lagi, desain kursi mereka akan dicover menggunakan kain bermotif rumus.

Soal fitur kenyamanan, mobil ini menggunakan AC sistem central, lalu head unit 5 inci untuk memutar lagu juga sudah ada demi menghibur penumpang. Aksesnya pun cukup mudah sebab terdapat dua buah pintu di depan dan satu buah sliding door di samping.

Baca Juga : Menanti Mitsubishi Pajero Sport Terbaru

Vakhtang Dzhukashvili, CEO TORSUS, mengatakan Praetorian by Torsus dibuat agar dapat beradaptasi dan serbaguna, "Jadi tentu saja kami mencari cara lain agar bus dapat digunakan dalam berbagai situasi di seluruh dunia."

Dirinya menambahkan, "Bus sekolah adalah salah satu ide pertama yang kami miliki, karena PRAETORIAN adalah kendaraan yang aman dan kokoh. Sebab mobil ini dapat melindungi penumpangnya bahkan dalam kondisi yang paling sulit sekalipun.”

Soal harga Torsus Praetorian ini dibanderol sekitar Euro 170.000 atau setara Rp 3,9 miliar loh, lengkap garansi selama 2 tahun.