POPULAR STORIES

Ini Dia Keunggulan Ban Michelin Primacy 4 Terbaru

Ini Dia Keunggulan Ban Michelin Primacy 4 Terbaru Pengetesan Ban Michelin (istimewa)

KabarOto.com - PT Michelin Indonesia baru saja resmi meluncurkan ban Primacy generasi teranyar, yakni MICHELIN Primacy 4. Ban yang memiliki tagline ‘aman saat baru, aman hingga akhir’ ini diklaim dapat memberikan keunggulan utama seperti keamanan yang tahan lama dan performa terbaik saat ban dalam kondisi baru maupun ketika ban aus.

“Seiring dengan pemakaian beberapa waktu atau setelah 50.000 kilometer, daya cengkeram dan kemampuan pengereman cenderung menurun. Jika dalam industri ini biasanya uji performa ban dilakukan pada saat baru, sebaliknya Michelin selangkah lebih maju dibandingkan perusahaan lainnya dengan menguji ban dalam kondisi aus untuk membuktikan bahwa performa ban kami mampu bertahan melewati jarak tempuh dan waktu secara optimal,” ujar Fritz Mueller, President Director Michelin Indonesia.

Fritz turut menjelaskan, Michelin menunjuk TÜV Rheinland Thailand Ltd. untuk melakukan pengujian terhadap ban baru serta ban dengan kondisi aus dari berbagai merek premium lainnya, dibandingkan dengan ban baru serta ban dengan kondisi aus MICHELIN Primacy 4 di jalanan yang basah.

Dalam hasil tes menunjukkan bahwa MICHELIN Primacy 4 mampu mengerem 2,5 meter lebih pendek saat kondisi baru dan 5,1 meter lebih pendek ketika kondisi ban aus jika dibandingkan dengan merek premium lainnya. Yang lebih mengejutkan, MICHELIN Primacy 4 yang dalam kondisi aus memiliki jarak pengereman 1,8 meter lebih pendek dibandingkan beberapa ban baru merek premium lainnya.

Menurutnya, MICHELIN Primacy 4 hadir sebagai generasi terbaru dengan dua teknologi inovatif yang dikembangkan setidaknya selama 3 tahun. Pertama, EverGrip™ Technology yang memiliki dua fitur utama, yakni alur ban baru yang memberikan ruang pembuangan air 50% lebih besar memungkinkan daya cengkeram lebih baik pada penggunaan di jalanan basah, sehingga menawarkan keamanan optimal bahkan pada saat kondisi ban aus.

Selain itu, ban ini memiliki senyawa karet dan silika lebih kuat serta merata sehingga memberikan pelepasan energi secara bersamaan saat bersentuhan dengan jalan. Hal ini memungkinkan daya pengereman lebih baik di lintasan basah, bahkan ketika ban aus.

Baca juga: Michelin Luncurkan Ban 'Pintar' Primacy 4, Ini Harganya

Kedua, 2nd-Generation Silent Rib Technology yang menonjolkan fitur inter-locking bands, untuk meminimalisir perubahan pada tapak ban saat berputar. Hal ini mengurangi efek pemompaan udara sehingga ban pun lebih senyap dan memberikan daya peredam kejut yang lebih baik terhadap rintangan di jalan sehingga berkendara akan lebih nyaman.

MICHELIN Primacy 4 akan mulai dipasarkan di Indonesia pada Juli 2018 dan tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ban dengan ring diameter 15-18 inci yang cocok untuk sejumlah kendaraan seperti Toyota Camry, Honda Accord, BMW seri 3 dan 5, Mercedes E Class dan Honda Jazz.