POPULAR STORIES

Ini Fungsi Uji Emisi Gas Buang Kendaraan

Ini Fungsi Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Kabaroto, Kipli, Auto2000

KabarOto.com - Uji emisi adalah proses pengujian kandungan gas buang kendaraan bermotor yang dihasilkan saat mesin menyala. Tujuan uji emisi diantaranya adalah untuk mengukur sejauh mana kinerja dan tingkat efisiensi bahan bakar mobil.

"Hasil uji emisi dipakai untuk mengetahui tingkat kesehatan mesin agar dapat mendeteksi sedini mungkin potensi kerusakan komponen mesin. Sehingga dapat dilakukan upaya penyetelan dan perbaikan untuk menghindari kerusakan lebih jauh, sekaligus dipastikan lulus uji emisi," ujar Cahaya Fitri Tantriani selaku Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000.

Ia menambahkan, uji emisi juga penting dilakukan agar gas buang termonitor sehingga tidak melebihi batas standar yang dapat membahayakan kesehatan dan lingkungan.

Baca juga: Ini Cara Dan Target BP Kurangi 45 Ribu Emisi Karbon Tiap Tahun

Manfaat dari uji emisi adalah untuk mengukur sejauh mana efektivitas proses pembakaran yang dihasilkan oleh mesin. Hasil pengukuran meliputi kandungan gas Carbondioksida (CO2), Hidrocarbon (HC), Carbonmonoksida (CO) dan gas sisa pembakaran lainnya.

"Tak hanya itu, uji emisi berguna untuk mengetahui sejauh mana kondisi setelan mesin. Uji emisi bisa mengetahui apakah kandungan udara dan bahan bakar yang dimanfaatkan sudah sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin agar dapat bekerja optimal," tandasnya.

Baca juga: Peran Toyota Kurangi Emisi Di Dunia Otomotif

Uji emisi gas buang juga merupakan deteksi dini apabila kandungan gas buang yang dihasilkan melebihi ambang batas yang ditetapkan sebagai indikator ada komponen mesin yang bermasalah dan harus diperiksa. Bahkan jika tidak memungkinkan harus diganti baru.

Ia membeberkan, bagi Sobat KabarOto yang ingin melakukan uji emisi gas buang di Auto2000, biayanya adalah Rp 162 ribu termasuk PPN, di luar biaya jasa dan spare parts jika terindikasi ada kerusakan pada komponen mesin sehingga tidak lulus uji emisi dan dibutuhkan penggantian onderdil.

"Pelanggan yang melakukan uji emisi gas buang di bengkel Auto2000, hasilnya dapat dijadikan sebagai bukti sah sehingga terhindar dari tilang ketika ada razia uji emisi gas buang di jalan karena hasil pengujian sudah sesuai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah," tutupnya.