POPULAR STORIES

Ini Fungsi Utama Dari Power Control Unit

Ini Fungsi Utama dari Power Control Unit Tampilan Power Control Unit (PCU) di Toyota Prius.

KabarOto.com – Baik mobil hybrid, listrik atau hidrogen punya beberapa komponen sebagai penggerak. Ada 3 yang paling utama di antaranya adalah motor, power control unit (PCU) dan baterai.

Tapi kali ini KabarOto akan lebih membahas apa fungsi utama dari power control unit (PCU), pengontrol tenaga dalam sebuah mobil hybrid ataupun listrik.

Baca juga: Berkunjung Ke XEV Center Milik Toyota, Simak Yuk Ada Apa Saja

Fungsi utama PCU adalah sebagai Inverter, mengkonversi dari arus DC ke AC untuk menggerakkan motor listrik, generator, ataupun AC (Air Conditioner).

Selain itu mengkonversi sebaliknya arus AC yang dihasilkan oleh motor listrik dan generator, diubah jadi arus DC untuk mengisi ulang baterai, saat terjadi pengereman atau deselerasi.

PCU juga berfungsi sebagai boosting converter, untuk meningkatkan voltase atau tenaga listrik misalnya 200 V menjadi tegangan DC 650 V. Tergantung seberapa tenaga yang kita butuh saat berakselerasi.

Baca juga: Transisi Kendaraan Elektrifikasi Toyota, Dari Sistem ICE Menuju FCEV

Tidak hanya menaikkan, PCU juga jadi DC converter untuk mengurangi tegangan, misalnya 200 V dari baterai menjadi tegangan 12 V yang digunakan menyalakan komponen temabahan seperti lampu, headunit, audio dan sebagainya.