Ini Jadinya Bila BMW I8 Dibuat Menjadi Mobil Patroli Polisi Oleh AC Schnitzer

Ini Jadinya Bila BMW i8 Dibuat Menjadi Mobil Patroli Polisi oleh AC Schnitzer BMW i8 by ACS (ist)

KabarOto.com - BMW i8 boleh dibilang salah satu produk BMW dengan desain paling futuristik saat ini. Mobil sports car tersebut terlihat menawan, baik dari sisi depan, samping hingga belakang.

Apalagi dipadu dengan sumber tenaga menggunakan listrik, yang memposisikan dirinya sebagai mobil ramah lingkungan. Benar-benar merupakan wujud sebuah mobil masa depan yang ideal.

Baca Juga: Profil - BMW I8 Roadster

Namun apa jadinya, bila BMW i8 Coupe beralih tugas menjadi mobil patroli Polisi? Itulah yang sedang dikerjakan oleh tuner BMW asal Jerman, AC Schnitzer. Menariknya, mobil patroli tersebut tidak tampil standar, namun telah mendapat sentuhan di bagian eksteriornya.

Dalam meracik tampilan i8 Coupe, AC Schnitzer (ACS) menyematkan diffuser bumper depan baru, side wings, dan kap mesin baru. Ketiga komponen tersebut dibuat ulang dengan menggunakan material carbon fibre.

Menggunakan livery mobil patroli polisi Jerman

Selain itu, material tersebut juga digunakan pada bagian side skirt, diffuser belakang 3 tiga bagian yang berfungsi untuk meningkatkan efek hisap bawah bodi, serta racing wings untuk menambahkan downforce.

Lalu, perubahan juga terjadi pada handle pintu, cover spion, kidney grille yang secara khusus dirancang oleh ACS dengan lampu LED berwarna biru. Serta yang paling mencolok adalah bagian atap, yang menggunakan ligth bar high powered keluaran Hella.

Tampilannya makin lengkap sebagai mobil patroli, berkat bungkusan stiker livery berwarna biru dan kuning yang menjadi ciri khas kepolisian Jerman, serta penggunaan pelek AC1 berukuran 21 inci. Pelek ini diklaim lebih ringan dibanding bawaan standar, karena dapat memangkas bobot hingga 4,4 kg per roda.

Pelek dengan bobot ringan

Di bagian dalam, terdapat satu set aluminium paddle shifter, aluminium foot pedals dan aluminium cover untuk sistem iDrive. Selain ketiga komponen itu, semua yang ada dikabin tetap mempertahankan bawaan standarnya.

BMW i8 Coupe menggunakan mesin plug-in sistem hibrida eDrive, yang merupakan perpaduan dari mesin bensin dan motor listrik. Untuk mesin bensinnya, berkapsitas 1.5 liter tiga silinder yang menghasilkan tenaga 228 dk dan torsi 320 Nm. Tenaga tersebut digunakan untuk menggerakkan roda belakang melalui transmisi steptronic enam percepatan

Sedangkan untuk motor listriknya, dapat menghasilkan tenaga sebesar 141 dk (105 kW) yang disiapkan untuk dapat menggerakkan roda depan. Motor listrik ini lalu dihubungkan ke gearbox otomatis dua percepatan.

Baca Juga: Profil - BMW M2 Competition, Ini Dia Harga Dan Spesifikasi Terlengkapnya!

Namun, AC Schnitzer rupanya belum mengotak-atik kinerja mesin tersebut. Karena bila dilihat secara keseluruhan, tenaga yang dimiliki dirasa sudah cukup memadai, dengan output sebesar 369 dk.

Telah diuji coba di sirkuit dan jalan raya

Dengan angka tenaga sebesar itu saja, BMW i8 Coupe mampu berlari dari nol hingga 100 kpj hanya dalam waktu 4,4 detik, dan bila pedal gas terus diinjak, dapat menyentuh kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik hingga 250 kpj.

Meski standar, tapi ACS melengkapi performa mesin i8 dengan paket suspensi baru. Sehingga tak hanya tampilannya saja yang turun hingga 20 mm, namun juga dapat memastikan kestabilan yang lebih baik saat melahap tikungan. Mobil patroli ini juga telah diuji coba di sirkuit Nurbirging dan jalan umum. Keren ya!