Ini Jalan Tol Terpendek Di Indonesia, Hanya 2 KM

Ini Jalan Tol Terpendek di Indonesia, Hanya 2 KM Jalan Tol Cibitung - Cilincing jaraknya hanya 2,6 KM (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Jalan tol merupakan jalur bebas hambatan yang biasa digunakan oleh pengendara mobil menuju satu tempat. Jalan tol juga digunakan oleh truk pengangkut kebutuhan pokok dan juga barang kebutuhan non pokok dan menjadi jalur mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pemerintah fokus mengembangkan jalan tol ini, agar lalu lintas perdagangan bisa berjalan dengan cepat. Jalan tol dibuat dengan jalur yang cukup panjang, bisa lebih dari 100 kilometer. Namun, ternyata, dari sekian banyak jalan tol yang dibangun Pemerintah dengan rute panjang, ada satu jalan tol terpendek.

Baca Juga: Sepanjang 11,45 Km, Seksi 1 Tol Cisumdawu Resmi Beroperasi

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, tol yang dimaksud adalah Cibitung - Cilincing seksi I (Junction Cibitung – Interchange Telaga Asih). Ini menjadi tol terpendek.

Jalan Tol Cibitung - Cilincing Seksi 1 (Foto: Istimewa)

“Ini menjadi ruas tol terpendek di Indonesia, dengan total panjang 2,65 km,” terang Danang. Jalan tol ini berada di kawasan Metropolitan Jabodetabek atau yang biasa disebut Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi.

Tol Cibitung - Cilincing seksi I ini sudah diresmikan sejak Juli 2021, dibangun untuk menghubungkan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Tarif jalan tol ini sudah ditetapkan, berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR No. 838/KPTS/M/2021.

Baca Juga: Ini Tanggapan Rombongan Mobil Mewah Dan Sport Tentang Aksi Viral Di Jalan Tol

Tarif untuk golongan I Rp 5.500, Golongan II Rp 8.000, Golongan III Rp 8.000, Golongan IV Rp 10.500 dan Golongan V Rp 10.500. meski dikatakan terpendek, namun keberadaan jalan ini sangat penting. “Jalan tol ini memberikan dukungan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing,” jelasnya.