Sepanjang 11,45 Km, Seksi 1 Tol Cisumdawu Resmi Beroperasi

Sepanjang 11,45 km, Seksi 1 Tol Cisumdawu Resmi Beroperasi Foto: Istimewa

KabarOto.com - Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) resmi beroperasi (24/01). Tol ini baru secara resmi beroperasi di Cisumdawu Seksi 1 sepanjang 11,45 km dari Cileunyi hingga Rancakalong.

Memiliki panjang 61,715 km, nilai investasi Tol Cisumdawu mencapai Rp 8,41 triliun dan resmi beroperasi pada pukul 15.45. Tol ini klaimnya bakal meningkatkan kapasitas jalan yang menghubungkan kota Bandung dengan Cirebon.

Baca Juga: Tinjau Tol Cisumdawu, Ridwan Kamil Gunakan BMW R 1250 GS Adventure

Tol tersebut sekaligus melengkapi jaringan jalan tol Jakarta – Bandung – Cirebon. Yaitu menjadi Jakarta – Cikampek – Cipularang – Padaleunyi – Cisumdawu – Cikampek – Cirebon. Jalan tersebut klaimnya bisa dimanfaatkan sebagai jalur alternatif menghindari kemacetan Cadas Pangeran.

Ridwan Kamil saat tinjau jalan tol Cisumdawu

Tol Cisumdawu tersebut diklaim bakal menyambungkan jalan tol dari Bandung menuju Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka. Selain itu mempersingkat waktu tempuh dari Bandung ke Kertajati hanya menjadi sekitar 40 menit.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Belum Selesai, Pemerintah Gratiskan Bus Damri Ke Bandara Kertajati Hingga 1 Tahun

Perencanaan tol ini memang sudah dimulai pada 2005 silam, namun akhirnya baru groundbreaking pada November 2012. Berselang 2 tahun dari 2012, jadwal yang direncanakan rampung, namun harus menunggu hingga awal 2022 agar bisa beroperasi.