POPULAR STORIES

Ini Kendaraan Komersial Isuzu Zaman Dulu, Mulai Dari Truk Hingga Bus

Ini Kendaraan Komersial Isuzu Zaman Dulu, Mulai dari Truk Hingga Bus Bus Sumida M 1932 (Foto: Isuzu.co.jp)

KabarOto.com - Isuzu memiliki sejarah menarik tenatang kendaraannya, mulai dari truk hingga bus. Semuanya dibuat berdasarkan kebutuhan, menarik untuk disimak.

Lahirnya Isuzu pada masa awal budaya otomotif di Jepang (1916), telah berkontribusi terhadap pengembangan industri mobil Jepang sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Yakni sebagai merek teratas khususnya di segmen kendaraan niaga. Hingga kini, Isuzu terus berinovasi melahirkan kendaraan niaga yang tangguh di segala medan.

Seperti kita tahu sebelumnya, Isuzu memulai usahanya pada 1916, menggandeng perusahaan lain seperti Tokyo Ishikawajima Ship-building and Engineering Co.,Ltd, Tokyo Gas dan Electric Industrial Co.. Namun baru mulai berinisiatif membangun perusahaan otomotif, pada 1949 yang dinamakan Isuzu Motors Limited.

Baca juga: Memulai Usaha Sejak 1916, Ini Perkembangan Isuzu Di Dunia Otomotif

Wolseley CP rakitan tahun 1924

Awalnya memproduksi Wolseley Model A9 pada 1922, dan untuk memenuhi kebutuhan akan kendaraan angkut, Isuzu membuat sebuah truk angkut. Yaitu Wolseley CP Truck pada 1924, menjadikannya sebagai truk tertua yang dirakit di Jepang, dan ini merupakan hasil kerjasama dengan perusahaan asal Inggris, Wolseley.

Bahkan truk Wolseley CP tersebut masih ada di Jepang, kendaraan ini ditetapkan sebagai Warisan Modernisasi Industri oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang atas kontribusinya terhadap modernisasi industri di negara tersebut.

Selanjutnya perkembangan truk Isuzu setelah perang dunia II mulai bergeliat, maka lahirlah truk TX80 pada 1948. Truk dengan muatan lima ton ini mendukung dan memberikan kontribusi besar terhadap booming rekonstruksi Jepang pasca perang sebagai pendahulu truk tugas berat untuk transportasi jarak jauh, dan juga menjadi cikal bakal truk tugas berat Isuzu.

Truk TX80 buatan tahun 1948, cikal bakal kendaraan berat Isuzu

Mulai melebarkan jenis kendaraan dengan kehadiran bus Sumida pada 1932, bus transit pertama yang diproduksi di Jepang. Sebelum masa perang dunia, menjadi andalan masyarakat di Jepang untuk angkutan penumpang.

Selanjutnya usai kehadiran truk TX80, kendaraan angkut Isuzu mulai berkembang, hingga akhirnya pada 1963 hadir Elf TLD20. Merupakan truk ringan full cab-over-engine pertama dengan muatan 2 ton di Jepang, ELF juga merupakan truk ringan pertama yang diproduksi oleh Isuzu ini dikenal sebagai produsen kendaraan heavy-duty, karena mampu memuat dan membawa banyak barang.

Baca juga: Kendaraan Niaga Isuzu Ramah Lingkungan Gunakan Teknologi Hidrogen Dan Listrik

Isuzu Elf TLD20 1963

Akhirnya hadirlah model sedan, diberi nama Isuzu Bellel pada 1961. Merupakan mobil penumpang pertama yang sepenuhnya direkayasa dan diproduksi oleh Isuzu, Bellel juga merupakan mobil penumpang bertenaga diesel pertama yang diproduksi secara massal di Jepang. Karena efisiensi ekonomi dari mesin dieselnya, mesin ini banyak digunakan untuk aplikasi komersial, seperti taksi.

Yang paling tidak anda sangka adalah Chevrolet Luv, hadir pertama pada 1972. Pikap bermesin deisel ini merupakan kendaraan Isuzu pertama yang dijual di Amerika Serikat melalui diler General Motors (GM), berdasarkan aliansi GM dan Isuzu yang dibentuk; Sebelumnya, Isuzu tidak memiliki diler yang menjual kendaraannya di sana. Chevrolet Luv didasarkan pada Isuzu Faster yang sudah dijual di Jepang.

Sedan Isuzu Bellel

Seiring waktu, Isuzu terus menjadi pemain utama dalam industri otomotif di Jepang, dan menjadi pengembang mesin diesel terkemuka untuk kendaraan komersial dan angkutan penumpang di tingkat global hingga saat ini.

Inovasi Isuzu juga membidik transportasi masa depan, yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat di tiga pilar; Innovation for Earth, Innovation for Society dan Innovation for Life.

"Isuzu percaya diri akan reputasi yang dibangun sejak lama. Dukungan sumber daya mumpuni di setiap lini produksi dan distribusi Isuzu, mengantarkan jutaan pegiat bisnis mencapai kesuksesannya. Selalu bergerak lebih cepat menjaga presisi, mengerjakan selalu tepat, memastikan kualitas terantar dengan hebat," pungkas Puti Annisa Moeloek, Communication Management Dept, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Sebagai informasi, lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi Plaza Isuzu, lokasinya berdekatan dengan pabrik Isuzu (Fujisawa Plant) di Fujisawa-Shi, Kanawaga, Jepang. Isuzu Plaza merupakan fasilitas museum khusus yang dibangun Isuzu pada April 2017 lalu, dalam rangka memperingati hari jadi Isuzu Motors yang ke-80.