POPULAR STORIES

Memulai Usaha Sejak 1916, Ini Perkembangan Isuzu Di Dunia Otomotif

Memulai Usaha Sejak 1916, Ini Perkembangan Isuzu di Dunia Otomotif Foto: KabarOto & IAMI

KabarOto.com - Sebagai salah satu pabrikan otomotif asal Jepang penyedia kendaraan komersial di Indonesia, ternyata Isuzu punya sejarah panjang. Di mana kehadirannya pertama kali pada 1916, yang awalnya bukan sebagai pabrikan otomotif, melainkan sebuah perusahaan galangan kapal.

Awal kehadirannya Isuzu merupakan perusahaan galangan kapal yang bermitra dengan berbagai perusahaan saat itu, seperti Tokyo Ishikawajima Ship-Building, Engineering Co., Ltd dan Tokyo Gas and Electric Industrial Co.

Dari bermitra dengan 3 perusahaan tadi maka dimulailah rencana membuat kendaraan, hasilnya adalah pada 1922 berhasil memproduksi Wolseley Model A9, lalu berhasil membuat mesin diesel model DA4 dan DA6 yang legendaris.

Baca juga: Penetrasi Penjualan D-Max Dan MU-X Fokus Di Sektor Tambang Dan Perkebunan

Foto: Isuzu Motors

Isuzu Motors sendiri mulai berdiri pada 1937 dan mendirikan pusat operasinya di Tokyo, Jepang, barulah pada Tahun 2005, Isuzu menjadi produsen truk medium dan truk besar yang terbesar dunia, dan mempunyai pabrik Fujisawa Plant yang berlokasi di Fujisawa-Shi, Kanawaga, Jepang, yang mulai beroperasi pada 1962.

Fujisawa Plant didukung 8.719 tenaga kerja, merupakan salah satu pabrik yang tertua yang hingga saat ini menjadi salah satu bagian terpenting bagi Isuzu global untuk memasarkan produk ke lebih dari 150 negara dan mencapai pangsa pasar No.1 di 45 negara pada tahun 2021.

Isuzu juga memiliki pabrik yang khusus membuat mesin, suku cadang ataupun komponen pengganti. Pabrik tersebut adalah Tochigi Plant. Dilanjut, seluruh pabrik Isuzu di dunia, termasuk pabrik Fujisawa dan Tochigi di komando oleh kantor pusat Isuzu di Yokohama-shi, Kanagawa.

Isuzu Fujisawa Plant mencatat produksi sebanyak 300.000 unit sepanjang 2022 dan diperkirakan meningkat menjadi 314.000 unit pada 2023 ini. Ini merupakan bukti sinergi antara penggunaan teknologi terkini dan sumber daya manusia yang handal, menjadi kunci dari keberhasilan Isuzu Fujisawa Plant. Sebut saja penggunaan robot pada salah satu proses produksi yaitu welding, tak kurang dari 95% prosesnya dikerjakan oleh robot.

Baca juga: Isuzu Klaim D-Max Dan MU-X Rajai Penjualan LCV Di Kalimantan

Penggunaan robot pada salah satu proses produksi

Pengetahuan dan kecanggihan manufaktur di pabrik Isuzu Fujisawa Plant, secara bertahap telah ditransfer teknologinya ke pabrik Isuzu di Indonesia. Hal ini turut serta mentransfer teknologi dari Pabrik Isuzu di produk-produk Isuzu yang diproduksi di Indonesia.

Termasuk pula transfer keahlian dan budaya kerja di sisi human capital atau Sumber Daya Manusia (SDM). Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) rutin sejak 2013, dengan mengirimkan SDM-nya untuk menyerap teknologi dan pengetahuan manufaktur di Fujisawa Plant.

“Saya belajar bagaimana kejujuran dijunjung tinggi, bahkan terhadap diri sendiri. Kalau kita tidak mampu kerja, ya harus kita utarakan,” pungkas Erwin Sinaga selaku Officer di Departemen Planning Control Delivery (PCD) Isuzu Indonesia, kini ia menjadi salah satu peserta dalam program On Job Training (OJT) Isuzu Indonesia di Jepang.