POPULAR STORIES

Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4, Intip Keunggulannya

Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4, Intip Keunggulannya Truk Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4 (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4 merupakan salah model truk tugas berat (heavy duty) terbaru. Diperkenalkan oleh PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), selaku Agen Pemegang Merek (APM) truk dan bus Mercedes-Benz di Indonesia. KabarOto akan mengulas keunggulan kendaraan komersial ini.

Sebagai informasi, truk ini diimpor secara Completely Built Up (CBU) dari Jerman, hadir dengan sejumlah penyematan fitur dan teknologi canggih, khususnya sebagai penunjang keamanan dan keselamatan.

Baca Juga: Profil Truk Heavy Duty Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4 Euro 5

Kesan sebagai kendaraan komersial premium sangat terasa saat melihat dari bentuk model ekseterior truk tersebut yang cukup berkarakter berkat desain grill depan yang agresif, serta penggunaan proyektor Bi-Xenon pada lampu depan.

Semakin menambah kesan mewah, truk on-road yang cocok diaplikasikan sebagai kendaraan logistik ini disematkan sepasang pelek premium dari Alcoa berukuran 22 inci yang dibungkus dengan ban segala medan Bridgestone L355 berukuran 315/80R22.5.

Eksterior Truk Mercedes-Benz 2636 LS 6x4 (Foto: KabarOto)

Dengan catatan, pihak DCVI mengungkapkan bahwa penggunaan pelek tersebut merupakan opsional atau bergantung dengan kebutuhan pesanan pelanggan. Dimana aslinya, truk ini menggunakan pelek baja, serupa dengan truk-truk bawaan pabrik lainnya.

"Ini kita pakai ini (Alcoa) karena unit ini model custom, jadi memang keinginan dari pelanggan. Aslinya, kalau dari pabriknya tetap yang baja," ungkap Dharmawan Edy Susanto, VPC CBU Sales Operation DCVI saat ditemui, Kamis (25/04/2024).

Baca Juga: Simak Perbedaan Mesin Diesel Common Rail Dan Konvensional

Truk jenis traktor head ini memiliki dimensi panjang 7.500 mm, lebar, 2.500 mm, tinggi 3.944 mm serta wheelbase 1.350 mm, ground clearance 300 mm dan memiliki tingkat radius putar mencapai 8.014 mm.

Naik ke dalam kabin, Mercedes-Benz Actros 2636 LS ini, dibekali ruang interior yang memiliki tingkat kenyaman cukup baik, bahkan bisa dibilang hampir serupa dengan kendaraan penumpang pada umumnya.

Interior Truk Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4 (Foto: KabarOto)

Sebab, truk ini sudah disematkan kluster instrumen digital canggih dan pintar, berukuran 12,3 inci, memudahkan pengemudi membaca setiap informasi yang berkaitan dengan armada truk tersebut ketika dioperasikan.

"Layar ini bisa memperlihatkan beberapa status truk dengan otomatis. Misal jika bahan bakar sudah diangka 100 liter, nanti ada informasi soal berapa jarak yang bisa kita tempuh dengan bahan bakar yang tersedia saat ini dengan otomatis," papar Edy.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Lengkap Truk Mercedes-Benz Arocs 4845K 8x4 Euro 5

Kursi kemudinya sudah menggunakan captain seat, dilengkapi headrest lebar dan armrest yang dapat dilipat, serta kursi teleskopik, dapat dinaik dan turunkan sesuai kenyamanan pengemudi.

Memiliki ruang kemudi lebih melengkung, membuat tampilan kabin Actros semakin menegaskan kecanggihannya. Ditambah tuas fitur brake auto hold, memudahkan pengemudi dalam melakukan stop & go.

Mesin Truk Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4 (Foto: KabarOto)

Serupa dengan varian truk Mercedes lainnya, kabin Actros 2636 LS ini tetap mempertahankan kesan mewah khas Mercedes-Benz. Didominasi warna hitam serta memiliki sejumlah fasilitas mulai AC, Power Window hingga Central-lock.

Lanjut soal performa, ketika pertama menginjakkan pedal gas, akselerasi pertama truk dengan kapasitas mesin yang besar ini cukup terasa kuat, terlebih ketika mecoba dikendarai di medan jalan tidak rata, seperti jalan bebatuan.

Baca Juga: Ini Alasan Truk Heavy Duty Andalkan Sistem Rem Full Air Brake

Truk ini dibekali mesin OM 470 LA, 6-silinder segaris, berkapasitas 10.677 cc Euro 5, mampu menghasilkan tenaga sebesar 360 dk, di putaran 1.600 rpm. Torsi puncak mencapai 1.800 Nm di 1.100 rpm.

Mesin diesel common-rail berstandar emisi Euro 5 ini, didukung transmisi G 211-12 PowerShift 3, Automated Manual (AMT) 12-percepatan. Disalurkan ke penggerak roda 6×4, dan memiliki tingkat rasio gigi akhir 2.846.

Tuas Parkir Elektronik Truk Mercedes-Benz (Foto: KabarOto)

Meskipun berjalan medan jalan tidak rata, tidak terasa guncangan, karena menggunakan suspensi udara (air suspension), ditambah shock absorber dan stabilizer.

Ketika hendak parkir, pengemudi tidak lagi repot mengaktifkan rem tangan, sebab, sudah ada rem parkir elektronik pada truk Eropa ini, dimana pengemudi hanya cukup dengan menarik tuas "P", maka rem tangan sudah aktif dan menekan tombol untuk menonaktifkannya.

Baca Juga: Perbedaan Tempat Istirahat Sopir Di Kabin Truk Yang Ada Di Indonesia Dan Eropa

Menariknya lagi, fitur rem parkir elektronik ini terintegrasi dengan beberapa fitur lainnya, termasuk ketika pengemudi membuka pintu untuk keluar tanpa mengaktifkan rem parkir, rem parkir tersebut akan aktif secara otomotis demi keamanan dan keselamatan.

"Rem parkir elektronik ini ada smart sistemnya juga jadi terhubung dengan beberapa fitur, misalkan supir mau turun tapi lupa narik (tuas), rem parkirnya akan otomatis aktif dengan sendirinya, jadi lebih safety," paparnya.

Selain itu, truk heavy duty ini juga sudah memiliki fitur canggih berupa RCA (Roll Control Assist) dan ESP (Electronic Stability Program), merupakan fitur kontrol elektronik untuk penyesuaian suspensi udara di berbagai kondisi jalan.

Baca Juga: DCVI Himbau Modifikasi Truk Dan Bus, Wajib Perhatikan Faktor Keselamatan

Sementara itu, hal menarik lainnya dari truk Mercedes-Benz Actros 2636 LS ini berada pada sejumlah fitur keselamatan canggih, mulai dari Active Brake Assist (ABA) 5, airbag, hingga suspensi udara untuk poros belakang (rear axle).