POPULAR STORIES

Profil Truk Heavy Duty Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4 Euro 5

Profil Truk Heavy Duty Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4 Euro 5 Truk Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4 Euro 5. (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pada ajang pameran GIICOMVEC 2024 beberapa waktu lalu, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memperkenalkan salah satu model truk unggulannya yaitu, Mercedes-Benz Actros 2636 LS Euro 5.

Dimensi Mercedes-Benz Actros 2636 LS

Mercedes-Benz Actros 2636 LS merupakan truk tugas berat (heavy duty) yang masuk dalam segmen On-Road atau lebih jelasnya sebagai truk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan logistik hingga distribusi jarak jauh.

Truk jenis traktor head ini memiliki dimensi keseluruhan dengan panjang 7.500 mm, lebar, 2.500 mm, tinggi 3.944 mm serta memiliki wheelbase sebesar 1.350 mm, ground clearance 300 mm dan radius putar mencapai 8.014 mm.

Dimensi dan Mesin Truk Mercedes-Benz Actros 2636 LS (Foto: KabarOto)

Spesifikasi Mercedes-Benz Actros 2636 LS

Mercedes-Benz Actros 2636 LS dipersenjatai dengan mesin diesel OM 470 LA, 6-silinder segaris berkapasitas 10.677 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 360 dk di putaran 1.600 rpm dengan torsi 1.800 Nm di putaran 1.100 rpm.

Baca Juga: Truk Dan Bus DCVI Bisa Dibekali Telematics Dan Fleet Management System

Mesin berstandar Euro 5 itu disupport dengan transmisi G 211-12 PowerShift 3, Automated Manual (AMT) 12-percepatan yang disalurkan ke dalam penggerak roda 6×4 dan memiliki tingkat rasio gigi akhir yang mencapai 2.846.

Interior Mercedes-Benz Actros 2636 LS

Sebagai truk distribusi jarak jauh, Mercedes-Benz Actros 2636 LS ini dibekali dengan ruang kabin yang memiliki tingkat kenyaman yang cukup baik, bahkan bisa dibilang hampi serupa dengan kendaraan penumpang pada umumnya.

Baca Juga: Daimler Bangun Pabrik Baru Truk Dan Bus Mercedes-Benz Di Cikarang

Sebab, truk ini sudah disematkan dengan kluster instrumen digital baru berukuran 12,3 inci yang membuat lebih memudahkan pengemudi dalam membaca setiap informasi yang berkaitan dengan armada truk tersebut ketika dioperasikan.

Serupa dengan varian lainnya, kabin Actros 2636 LS ini tetap mempertahankan gaya kesan mewah khas Mercedes-Benz yang didominasi dengan warna hitam serta memiliki sejumlah fasilitas mulai AC, Power Window hingga Central-lock.

Kabin Interior Truk Mercedes-Benz Actros 2636 LS (Foto: KabarOto)

Desain kabin Actros semakin menegaskan akan kecanggihannya berkat adanya tuas fitur brake auto hold yang memudahkan pengemudi dalam melakukan stop & go pada posisi menanjak dan menurun, layaknya kendaraan penumpang.

Kursi kemudinya sendiri sudah menggunakan model captain seat yang dilengkapi dengan headrest yang lebar dan armrest yang dapat dilipat serta kursi teleskopik yang dapat dinaik-turunkan sesuai kenyamanan pengemudi.

Fitur Mercedes-Benz Actros 2636 LS

Sementara itu, hal menarik dari truk Mercedes-Benz Actros 2636 LS ini berada pada sejumlah fitur keselamatannya yang canggih mulai dari Active Brake Assist (ABA) 5, airbag, suspensi udara untuk poros belakang (rear axle).

Baca Juga: Profil Mercedes-Benz Actros 4063S 6x4, Penakluk Medan Tambang

Ditambah lagi, truk heavy duty ini juga sudah memiliki fitur canggih berupa Roll Control Assist yang merupakan fitur kontrol elektronik untuk penyesuaian suspensi udara di berbagai kondisi angkutan dan jalanan.

Sejumlah Fitur Truk Mercedes-Benz Actros 2636 LS (Foto: KabarOto)

Actros Euro 5 ini juga sudah dilengkapi dengan ESP (stability control assist) yang mampu mempertahankan kestabilan kendaraan di kondisi kritis, terutama dengan bantuan sensor yang canggih dan perangkat lunak terbaru.

Baca Juga: DCVI Himbau Modifikasi Truk Dan Bus, Wajib Perhatikan Faktor Keselamatan

“Adanya fitur keamanan canggih ini sangat direkomendasikan untuk perusahaan logistik yang memiliki standar keamanan yang sangat tinggi dalam faktor keselamatan pengemudinya,” papar Faustina, Kepala Produk dan Pemasaran DCVI.