POPULAR STORIES

Daimler Bangun Pabrik Baru Truk Dan Bus Mercedes-Benz Di Cikarang

Daimler Bangun Pabrik Baru Truk dan Bus Mercedes-Benz di Cikarang Ilustrasi Truk Mercedes-Benz Axor Rakitan Lokal. (Foto: DCVMI)

KabarOto.com - PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) mengumumkan tengah mulai tahap pembangunan pabrik terbarunya di wilayah Cikarang, Jawa Barat bersama PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI).

Hal tersebut ditandai dengan kegiatan peletakkan batu pertama atau groundbreaking yang dilakukan oleh DCVI dan DCVMI yang sekaligus turut melambangkan komitmen investasi Daimler Truck AG pada bisnis truk dan bus di pasar otomotif Indonesia.

Andreas Deuschle selaku Head of International Sales and Customer Services-Daimler Truck Asia mengatakan bahwa dalam pembangunan pabrik terbaru ini, pihaknya telah mengucurkan sejumlah dana investasi senilai Rp 500 miliar.

Baca Juga: Harga Lebih Dari Rp1 M, Ini 4 Fitur Andalan Sasis Bus Mercedes-Benz OH 1626 L

“Dewan Direksi Daimler Truck AG menyetujui pembangunan pabrik baru ini dengan investasi senilai Rp 500 miliar sebagai bentuk komitmen mereka," ungkapnya dalam keterangan resminya yang diterima pada Senin (19/2/2024).

Nantinya, pabrik seluas 14,6 hektar ini akan menjadi fasilitas produksi dan perakitan baru truk dan bus Mercedes-Benz di Indonesia yang sebelumnya telah menggunakan fasilitas pabrik di wilayah di Wanaherang, Jawa Barat yang hanya memiliki luas 5,6 hektar.

Proses groundbreaking pembangunan pabrik baru Daimler di Cikarang, Jawa Barat/Foto: DCVI

Bukan sekedar menjadi fasilitas produksi, pabrik terbaru ini nantinya juga akan dilengkapi dengan pabrik perakitan, lintasan uji coba, kantor manajemen, pusat persiapan kendaraan, dan berbagai fasilitas karyawan yang dibutuhkan.

Naeem Hassim, Presiden Direktur DCVI mengatakan bahwa pabrik baru ini akan mendukung ekosistem lokal dan secara bertahap juga akan meningkatkan kandungan lokal dalam tiap produk truk dan bus Mercedes-Benz yang diproduksi dari pabrik tersebut.

Baca Juga: Profil Mercedes-Benz Actros 4063S 6x4, Penakluk Medan Tambang

Dirinya memaparkan bahwa sejak truk Mercedes-Benz Axor Euro 4 resmi diluncurkan pada bulan Juni 2022 beberapa waktu lalu, secara bertahap DCVI telah merakit unit ini secara lokal hingga saat ini sudah memiliki 7 (tujuh) model.

“Mercedes-Benz Axor Euro 4 merupakan salah satu produk unggulan dari pabrik perakitan kami di Indonesia. Berbagai model Axor Euro 4 ini menawarkan truk yang tahan lama dan handal, yang dibangun dengan standar emisi Euro 4,” terangnya.

Fasilitas produksi dan perakitan baru truk dan bus Mercedes-Benz di Indonesia ini akan dibangun di sepanjang periode tahun 2024 dan diharapkan telah dapat beroperasi secara penuh pada kuartal pertama 2025 mendatang.