POPULAR STORIES

Perbedaan Tempat Istirahat Sopir Di Kabin Truk Yang Ada Di Indonesia Dan Eropa

Perbedaan Tempat Istirahat Sopir di Kabin Truk yang Ada di Indonesia dan Eropa Kabin Truk Hyundai Xcient. (Foto: dok. Gata)

KabarOto - Jika melihat tempat istirahat sopir truk di kabin yang ada di Indonesia sangat berbeda jauh dengan kabin truk yang ada di negara-negara Eropa. Di Indonesia tempat isirahat sopir di kabin terlihat sangat biasa dan hanya dapat menampung 1 orang di tempat istirahanya.

Sedangkan tempat istirahat sopir di kabin truk negara-negara Eropa terlihat sangat mewah bahkan sampai memiliki kulkas hingga dapur mini untuk memasak dan juga ruang istirahat yang cukup luas hingga memiliki kasur bertingkat.

Pertimbangan Kabin dan Ruang Istirahat dalam Penjualan Armada Truk di Indonesia

“Ini hanya menurut saya saja ya, kembali lagi ke daya jual di Indonesia, kita sama-sama tau kalau disini beli barang pasti nawar harga. Sampai disitu pasti paham kan, mungkin pabrikan juga sudah tau kalau tidak mungkin menjual truk yang harganya sampai mahal di Indonesia,” kata pemilik Putra Mandiri Tehnik (PMT) Karoseri, Suratno beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ford F-Max Select Edisi Khusus, Tersedia Hanya 400 Unit

Kabin truk di Indonesia. (dok/foto: Gata)

Menurut pria yang akrab disapa Nuno ini, bila pabrikan truk di Indonesia menjual armada yang memiliki kabin isitrahat sopir dengan tampilan mewah seperti di negara–negara Eropa dengan harga mahal pasti daya jualnya akan menurun.

“Seperti truk Mercedes-Benz yang memiliki kabin nyaman dan ada pendingin udaranya, saya rasa harganya mahal tetapi kualitasnya pasti lebih baik. Mungkin pengusaha juga berpikir tidak usah membeli truk mahal-mahal toh hanya dipakai di lapangan,” ujarnya.

Sama halnya dengan memberikan ruang istirahat bagi sopir yang lebih nyaman, kata Nuno, apabila truk memiliki ruang istirahat yang nyaman nantinya malah pengemudi asyik tidur tidak melanjutkan pekerjaannya.

Baca juga: Profil Scania P320-A6X4 Euro 5, Truk Heavy Duty Premium Asal Swedia

Kabin truk Volvo VNR. (dok/foto: Volvo Trucks)

Sama halnya dengan memberikan ruang istirahat bagi sopir yang lebih nyaman, lanjut Nuno, apabila truk memiliki ruang istirahat yang nyaman nantinya malah pengemudi asyik tidur tidak melanjutkan pekerjaannya.

“Tidak adanya truk dengan kabin yang mewah di Indonesia salah satunya adalah untuk menekan biaya pengeluaran. Kita disini aja beli barang di tawar supaya dapat lebih murah, kalau produk mahal begitu mau nawar sampai berapa,” ungkapnya.

Baca juga: Mengintip Truk Vacuum Limbah Cair Yang Dibuat Selama 4 Bulan

Desain Kabin Truk Hino Sudah Sesuai

Sementara Product Division PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), Riyan Roza mengungkapkan bahwa kabin istirahat atau sleeper cabin pengemudi di unit truk Hino sudah sesuai standar desain dari principal Hino Jepang.

“Mungkin terkesan kecil tapi ada juga yang mengatakan normal cukup bagi postur tubuh orang Indonesia. Kalau di Indonesia memang satu kabin istirahat bagi supir dirasa masih cukup tidak seperti diluar negeri ya,” imbuhnya.

Riyan juga mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada masukan atau permintaan dari para konsumen Hino yang meminta kabin istirahat pengemudi di besarkan atau ditambahkan. Pihaknya pun sudah memiliki standar ukuran kabin dari Hino Jepang untuk pasar Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkait