POPULAR STORIES

Profil Scania P320-A6X4 Euro 5, Truk Heavy Duty Premium Asal Swedia

Profil Scania P320-A6X4 Euro 5, Truk Heavy Duty Premium Asal Swedia Truk Scania P320-A6X4. (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - PT United Tractors (UT) menjadi distributor resmi truk dan bus Scania di Indonesia yang telah menghadirkan sejumlah produk-produk kendaraan niaga yang terkenal akan kualitas dan kecanggihannya.

Di Indonesia, Scania, merek asal Swedia ini memang terkenal dengan produk sasis bus nya yang sampai saat ini sering ditemukan di setiap wilayah baik sebagai bus antar kota antar provinsi (AKAP) maupun bus dalam kota.

Namun, Scania juga menghadirkan sejumlah produk truk premium. Hanya saja, truk-truk tersebut lebih eksis bertugas di sektor pertambangan hingga pengangkut alat berat seperti trafo yang total beban muatannya bisa mencapai lebih dari 200 ton sehingga jarang terlihat di jalanan perkotaan.

Desain dan Keunggulan Scania P320-A6X4

Adapun salah satu truk unggulan Scania di Indonesia ialah model P320-A6X4 yang sebelumnya sempat ditampilkan kepada publik pada ajang pameran Gaikindo Indonesia Interantional Commercial Vehicles (GIICOMVEC) 2024 pada Maret kemarin.

Eksterior Truk Scania P320-A6X4 (Foto: KabarOto)

Scania P320-A6X4 adalah model truk tugas berat (heavy duty) generasi terbaru yang sudah membenamkan standar emisi Euro 5 dan memiliki sejumlah keunggulan di antaranya performa mesin yang tinggi, kenyamanan, keamanan hingga fitur telematic.

Baca Juga: Profil Sasis Bus Generasi Baru Scania K450CB 6×2

Truk yang termasuk dalam kategori truk premium ini memiliki postur bodi yang cukup gagah dengan dimensi panjang 6.950 mm, lebar 2.500 mm, tinggi 3.310 mm dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 3.350 mm dan memiliki GVW yang mencapai 27.000 kg (27 ton).

Gaya khas truk Eropa sangat berasa, terutama pada bagian eksterior, dimana truk ini memiliki desain grill yang cukup besar dengan aksen 4 palang horizontol serta dilengkapi dengan lampu depan halogen dengan daytime running light (DRL) yang menambah kesan modern.

Scania P320-A6X4 Dibekali Sistem yang Canggih

Masuk kedalam kabin, hal pertama yang menjadi sorotan adalah dimana hampir seluruh bagian interor truk ini sudah menggunakan sistem otomotis alias dipenuhi dengan tombol-tombol canggih mulai dari kokpit hingga pada panel pintu pengemudi.

Baca Juga: MTU, Karoseri Pembuat VAR Mobile Liga Indonesia

Interior Truk Scania P320-A6X4 (Foto: KabarOto)

Sementara itu, sasis baru ini juga memiliki desain dasbor terbaru yang lebih ergonomis pada kokpit serta mendapatkan roda kemudi atau stir model baru yang lebih modern dan memiliki lebih banyak tombol-tombol fitur canggih.

Menariknya lagi, instrumen panel berwarna ini juga sudah tersedia dalam pilihan Bahasa Indonesia sehingga dapat memudahkan pengemudi dalam berkendara dan melakukan perawatan pada bus ini saat beroperasi dalam perjalanan jarak jauh.

Baca Juga: Profil Truk Heavy Duty Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4 Euro 5

Spesifikasi Scania P320-A6X4

Soal performa, truk Scania P320-A6X4 ini dipersenjatai dengan mesin diesel DC09, 5-silinder segaris, turbocharger, air cooler, berkapasitas 8.999 cc (9.0L) yang dapat mengeluarkan tenaga 320 dk di putaran 1.900 rpm dan torsi puncak 1.600 Nm di putaran 1.050-1.400 rpm.

Mesin berstandar emisi Euro 5 tersebut diintegrasikan dengan transmisi otomatis GRS905, 12-percepatan berteknologi opticruise untuk memberikan kenyamanan pengemudi dan penghematan bahan bakar yang baik dengan pergantian gigi yang cepat dan efisien.

Mesin dan Penggerak Truk Scania P320-A6X4 (Foto: KabarOto)

Mesin dan transmisi tersebut menyalurkan tenaga kedalam penggerak roda berkonfigurasi 6×4 dan sudah dilengkapi dengan kapasitas tangki bahan bakar berbahan baja sebesar 395 liter ditambah dengan tangki cairan AdBlue sebesar 47 liter.

Soal kaki-kaki, truk Scania P320-A6X4 ini sudah disemat sistem suspensi heavy duty parabolic spring lengkap dengan shock absorber di bagian depang dan belakang dengan ban radial Bridgestone Ecopia H-Drive berukuran 295/80 R22.5.

Baca Juga: Profil UD Trucks Quester CWE 280 WB 4300 Euro 5 SCR (6x4)

Scania P320-A6X4 Dilengkapi Berbagai Fitur Keamanan

Soal keamanan, truk ini terjamin dengan adanya fitur EBS (Electronic Braking System), ABS (Anti-lock Braking System), ESP (Electronic Stability Program), retarder brake, overturn protection, serta hill-hold yang berfungsi mencegah kendaraan bergerak pada saat jalan tanjakan atau turunan.

Truk ini disematkan juga dengan teknologi baru berupa Scania Fleet Management Services (FMS) yang memungkinkan operator armada truk Scania dapat memonitor unit armadanya secara real-time kapan pun dan di mana pun melalui aplikasi mobile Scania.

Tangki BBM dan AdBlue Truk Scania P320-A6X4 (Foto: KabarOto)

Selain itu, terdapat juga Scania Driver Support (On Board Driver Coaching), fitur untuk memberikan saran kepada pengemudi agar dapat berkendara lebih aman dan efisien. Bahkan, fitur ini juga dapat dilihat pada instrumen panel pengemudi yang telah memiliki desain terbaru.

Truk yang diklaim cocok untuk diaplikasikan sebagai truk tanker atau pembawa tangki BBM ini sudah mengantongi sertifikat kabin Euro ECE R29 dan Swedish VVFS 2003:29 yang telah lolos uji tabrak untuk memastikan keamanan pengemudi di lapangan.

Baca Juga: Profil Isuzu Giga FVR U Wingbox, Truk Kelas Berat Mampu Bawa Beban 16 Ton