POPULAR STORIES

Mengintip Truk Vacuum Limbah Cair Yang Dibuat Selama 4 Bulan

Mengintip Truk Vacuum Limbah Cair yang Dibuat Selama 4 Bulan Truk vacuum. (Foto: dok. Gata)

KabarOto.com – Pembuatan truk vacuum yang dilakukan Putra Mandiri Tehnik (PMT) Karoseri membutuhkan waktu 4 bulan, dari unit yang masih berupa sasis hingga truk siap digunakan, pasalnya dalam pembuatannya kali ini alat utama yakni mesin vacuum didatangkan langsung dari negara Turki sehingga memakan waktu yang cukup lama.

“Yang kami buat ini adalah truk vacuum pesanan dari salah satu BUMN untuk di daerah Sulawesi Tenggara yang digunakan untuk pertambangan, ini mereka pesannya satu paket ada dumpt truk, truk tangki dan truk vacuum ini,” kata Kepala Produksi PMT Karoseri, Yudi, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Segini Harga Yang Harus Dikeluarkan Untuk Membuat Bak Truk

Truk vacuum buatan PMT Karoseri (Foto: dok. Gata)

Fungsi Truk Vacuum

Menurut Yudi, truk vacuum tersebut digunakan untuk menyedot limbah cair pertambangan yang masuk kategori berbahaya serta tidak boleh tersentuh oleh manusia sehingga cara membuangnya dengan disedot ke dalam bak truk yang sudah disediakan.

“Untuk pengerjaan truk vacuum ini selama 4 bulan, sebenarnya untuk bikin karoseri dumpnya atau baknya sebentar yang lama itu nunggu mesin vacuumnya karena impor dari Turki. Jadi nanti mesin vacuumnya sedot lalu ditampung di dump, nanti cara buang limbahnya seperti truk sampah aja dumpnya dinaikan pakai hidrolik yang terpasang dibawahnya,” ujarnya.

Baca juga: Daimler Bangun Pabrik Baru Truk Dan Bus Mercedes-Benz Di Cikarang

Tombol pengoperasian truk vacuum (dok/foto: Gata)

Daya hisap dari mesin vacuum tersebut, kata Yudi cukup besar karena memang pesanan dari perusahaan BUMN tersebut daya hisap harus tinggi. Kemudian untuk pengemudi dari truk tersebut nantinya akan menjalani masa training sebelum menggunakan truk.

Bagian belakang truk vacuum (Foto: dok. Gata)

“Kalau mesin pompa lain yang karoseri bikin itu tidak ada harus mesin vacuum khusus makanya barangnya impor karena di Indonesia sendiri tidak ada yang jual. Memang mesinnya dari Turki ke sini udah satu kesatuan kita tinggal instal aja,” ungkapnya.

Sementara untuk muatan dari truk vacuum yang dibuat oleh PMT Karoseri ini sebesar 5 kubik dengan model dump yang dilengkapi hidrolik dibawahnya yang berfungsi untuk mengangkat saat membuang muatan cairan limbah.