POPULAR STORIES

Segini Harga Yang Harus Dikeluarkan Untuk Membuat Bak Truk

Segini Harga yang Harus Dikeluarkan Untuk Membuat Bak Truk Proses pembuatan bak truk. (Foto: dok. Gata)

KabarOto - Menciptakan berbagai jenis bak truk seperti dump, wing box, atau trailer, membutuhkan biaya yang cukup besar, mencapai ratusan juta. Hal ini karena kualitas bahan baku sangat penting untuk menjamin daya tahan dan kekuatan bak tersebut.

Di Putera Mandiri Tehnik (PMT) Karoseri, biaya pembuatan bak truk dimulai dari Rp 100 jutaan. Harga tersebut bervariasi tergantung pada bentuk dan ukuran bak yang diminta oleh pelanggan. Semakin besar bak yang dipilih, semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

“Kalau dump truk itu banyak varian kubikasi mulai dari 13, 24, 28 dan 30 kubik. Kalau di PMT Karoseri pembuatan dump yang besarnya 24 kubik itu harganya Rp 135 juta belum PPN, kalau 28 kubik saya jual Rp 175 juta belum PPN, kalau yang 30 kubik kita jual Rp 185 juta belum PPN,” kata pemilik PMT Karoseri, Suratno beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: 7 Jenis Truk Trailer Terbaik Untuk Angkut Muatan Berat, Punya Kapasitas Berbeda

Proses pembuatan logging trailer di PMT Karoseri (dok/foto: Gata)

Menurut pria yang akrab disapa Nuno ini, selain dump truk, untuk harga pembuatan wing box ia menjualnya dengan harga Rp 165 juta belum termasuk PPN, memang di wilayah Bekasi ia mengklaim produknya paling mahal dari pada karoseri lainnya.

“Memang saya akui kalau di saya harga pembuatan wing box memang lebih mahal, tapi biar lebih mahal ada kualitas yang didapatkan oleh customer. Untuk karoseri lain harga pembuatan wing box itu Rp 140 juta - Rp 145 juta,” ujarnya.

Baca juga: Miliki Peran Penting, Ini Fungsi Topi Kabin Truk Box

Proses pembuatan wing box di PMT Karoseri (dok/foto: Gata)

Harga tersebut, kata Nuno kembali lagi kepada customer apakah memilih harga yang lebih mahal atau murah. Ia juga mengatakan bahwa diawal akan memberi tau kepada customer tentang spesifikasi wing box yang akan dipesan.

“Seperti material yang digunakan proses pengerjaan, kalau kita diadu dengan harga yang dibawah kita saya yakin pasti berbeda speknya. Kalau box besi untuk ukuran truk tronton saya jual Rp 125 juta belum PPN,” ungkapnya.