POPULAR STORIES

Miliki Peran Penting, Ini Fungsi Topi Kabin Truk Box

Miliki Peran Penting, Ini Fungsi Topi Kabin Truk Box Proses pembuatan topi kabin (dok/foto: Gata)

KabarOto - Topi Kabin atau benda yang biasa dilihat di atas kepala truk box bukan hanya untuk aksesori semata, benda tersebut ternyata digunakan untuk menciptakan sisi aerodinamis saat truk melakukan perjalanan.

“Fungsi topi pada kabin truk untuk pembuatan KIR memang saat ini diwajibkan artinya regulasinya sudah ada, sehingga truk box wajib menggunakan topi kabin,” ungkap Kepala Produksi Putra Mandiri Tehnik (PMT) Karoseri, Yudi, beberapa waktu yang lalu.

Menurut Yudi, secara fungsinya topi kabin digunakan sebagai pemecah gelombang angin agar saat berjalan angin tidak terhalang dari box yang tingginya lebih dari kepala truk, dengan memakai benda tersebut, laju kendaraan bisa lebih ringan.

Baca juga: Perlu Diperhatikan, Oli Hidrolik Pada Truk Wing Box Tidak Boleh Habis

Truk wing box menggunakan topi kabin (dok/foto: Gata)

“Karena truk itu jalannya bisa lebih ringan secara fungsi di pengemudi, kemudian secara kerapihan dan estetika terlihat lebih enak dilihat dari pada truk yang tidak menggunakan topi kabin,” ujarnya.

Untuk secara fungsi teknis, kata Yudi, truk box yang menggunakan topi kabin bisa menghemat bahan bakar karena laju kendaraan tidak tertahan oleh angin sehingga dampak lebih ringan saat dikendarai di jalan raya maupun di tol.

“Kemudian fungsi berikutnya adalah apabila ada ranting pohon, kabel atau spanduk di jalanan non tol, benda-benda tersebut tidak langsung nyangkut ke box otomatis kena topi bisa langsung keangkat dan melewati box,” tambahnya.

Baca juga: Jenis Dump Truk Yang Digunakan Industri Konstruksi Dan Pertambangan

Bahan baku yang digunakan sebagai topi kabin di PMT Karoseri, lanjut Yudi adalah fiber karena memang bahan yang paling baik untuk menjadi material topi kabin adalah full fiber sehingga tidak mudah korosi, tidak mudah berkarat dan lebih enteng dari pada yang berbahan besi.

“Kalau bahan fiber apabila pecah terkena ranting atau benda lainnya lebih mudah diperbaiki tinggal tambal lagi bisa kembali normal, kalau bahan besi sudah lebih berat lalu 2 tahun kemudian pasti sudah karatan karena kena panas dan hujan,” pungkasnya.