POPULAR STORIES

Perlu Diperhatikan, Oli Hidrolik Pada Truk Wing Box Tidak Boleh Habis

Perlu Diperhatikan, Oli Hidrolik Pada Truk Wing Box Tidak Boleh Habis Truk Wing Box Isuzu Giga (dok/foto: Gata)

KabarOto - Melakukan perawatan secara berkala untuk bak hidrolik, serta wing box yang terpasang di truk sangat perlu dilakukan pemilik armada supaya bisa bertahan lebih lama dan terhindar dari kerusakan. Salah satunya oli pada bagian ini tidak boleh habis.

“Kalau untuk wing box itu ya dijaga aja, jangan sampai berlebih muatan, karena dampaknya jika over muatan rusak sih enggak tapi akan memperpendek usia,” kata Kepala Produksi Putra Mandiri Tehnik (PMT) Karoseri, Yudi, beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Cara Merawat Hidrolik Dump Truk Agar Panjang Umur

Proses pengecatan wing box. (dok/foto: Gata)

Selain tidak boleh over muatan, kata Yudi, pemilik armada juga harus merawat hidrolik yang ada di truk tersebut, seperti memperhatikan oli hidrolik jangan sampai kurang serta rutin rutin memeriksa kondisi dari hidrolik tersebut.

“Kemudian yang terpenting power packnya (alat yang mengangkat pintu wing dari box) jangan sampai oli kurang, paling tidak untuk perawatan yang baik satu tahun sekali seperti ganti oli. Selama tidak kurang, tidak ada kerusakan yang berarti,” ujarnya.

Baca juga: Jenis Dump Truk Yang Digunakan Industri Konstruksi Dan Pertambangan

Pada dasarnya, kata Yudi, untuk perawatan truk hidrolik selama kedua hal tersebut dijaga, usianya akan lebih lama.

“Perawatan itu berlaku untuk semua truk yang menggunakan sistem hidrolik di bagian pengangkutnya, kalau terjaga, dirawat dan selama tidak melebihi kapasitas daya angkut saya raya bisa bertahan lebih lama,” ungkapnya.