POPULAR STORIES

7 Jenis Truk Trailer Terbaik Untuk Angkut Muatan Berat, Punya Kapasitas Berbeda

7 Jenis Truk Trailer Terbaik untuk Angkut Muatan Berat, Punya Kapasitas Berbeda 7 jenis truk trailer memiliki kegunaan yang berbeda-bead. (Foto: dok.Gata)

KabarOto - Beragam jenis truk trailer di Indonesia di gunakan untuk mengangkut logistik, hasil pertambangan atau kargo dari satu kota ke kota yang lainnya. Dengan keragamannya itu ternyata truk trailer punya banyak jenis dengan ukuran dan kebutuhan yang berbeda.

Mengutip laman Indonesia Logistik Network, terdapat 7 jenis truk trailer yang digunakan untuk mengangkut muatan bisnis ekspor impor. Pelaku bisnis juga harus mengetahui jenis – jenis truk yang akan digunakan mulai dari berat dan volume barang sesuai kebutuhannya.

Baca juga: Spesifikasi Hino 136 HDL 6x2, 'Mini Tronton' Pertama Di Indonesia

Trailer Goldhofer (dok/foto: Sinotruck)

Jenis- Jenis Truk untuk Angkut Muatan Berat

  1. Trailer Flatbed

  2. Trailer Lowbed

  3. Trailer Dolly

  4. Trailer Sliding Bed

  5. Trailer Logging

  6. Trailer Goldhofer

  7. Trailer Multi Axle (Cometto)

1. Trailer Flatbed

Kinerja truk ini dimanfaatkan untuk melakukan pendistribusian barang dalam jumlah besar. Contohnya seperti general kargo, break bulk, dan banyak juga digunakan untuk pengiriman kargo yang mengangkut kontainer. Biasanya jenis trailer ini cocok untuk perusahaan yang bergerak di bidang ekspor dan impor atau freight forwarding.

Baca juga: Perlu Diperhatikan, Oli Hidrolik Pada Truk Wing Box Tidak Boleh Habis

Trailer Multiaxle (dok/foto: LRT Jabodetabek)

2. Trailer Lowbed

Truk jenis ini cocok bagi pengusaha yang ingin melakukan pengiriman barang dengan ukuran spesial kargo yang berat dan besar. Selain itu, jenis ini juga sering dipakai untuk barang yang punya lebar dan tinggi melebihi standar yang biasanya ada dalam cargo biasa.

3. Trailer Dolly

Truk ini biasanya diperuntukkan dalam mengirimkan barang berjenis alat berat. Contohnya crane, excavator, bulldozer, dan lainnya. Truk ini juga dapat digunakan pada spesial kargo yang punya tinggi yang melebihi standar, jenis ini biasa digunakan oleh kontraktor dan manufaktur atau perusahaan ekspor impor lainnya.

Baca juga: Miliki Peran Penting, Ini Fungsi Topi Kabin Truk Box

Truk Iveco dengan trailer Lowbed (dok/foto: Pasmar 1 Korps Marinir)

4. Trailer Slidingbed

Truk ini memiliki fungsi khusus bagi spesial kargo dengan ukuran panjang yang melebihi standar. Tujuan dari jenis trailer ini untuk menjaga keamanan dari barang tersebut. Biasanya perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor menggunakan truk ini untuk menjaga barang dikirim sesuai dengan standar keamanan. Adapun untuk ukurannya sendiri hampir sama dengan truk trailer flatbed.

5. Trailer Logging

Truk trailer logging biasanya dipakai untuk mengirimkan barang spesial kargo dengan panjang yang tidak standar dan dapat disesuaikan dengan panjang barang yang akan dikirimkan. Umumnya jenis ini digunakan untuk mengangkut kayu.

6. Trailer Goldhofer

Truk trailer goldhofer dapat dimanfaatkan untuk melakukan pendistribusian barang spesial kargo, big case kargo, atau jenis kargo yang punya berat dan ukuran yang tidak standar. Penggunaan dari jenis truk trailer ini mirip dengan trailer dolly dan trailer low bad.

Baca juga: Tiga Titik Area Blind Spot Truk Yang Wajib Diketahui

Trailer Flatbed (dok/foto: Sinotruck)

7. Trailer Multi Axle

Truk trailer multi axle digunakan untuk mengangkut berbagai jenis barang dengan panjang, lebar, dan tinggi yang diluar ketentuan umum. Jadi, jenis ini dapat dikatakan truk trailer terbaik diantara lainnya.

Pemilik karoseri Putera Mandiri Teknik (PMT), Suratno mengatakan bahwa di Indonesia sudah banyak truk untuk menarik trailer seperti Hino, Mitsubishi Fuso, Scania, MAN, Volvo, UD Truck, Isuzu, Mercedes Benz dan FAW.

“Kalau di tempat saya yang sering di kerjakaan yakni membuat trailer logging, tangki BBM, flatbed, bak crane serta wingbox dari berbagai jenis perusahaan baik swasta maupun pemerintah,” katanya saat dihubungi beberapa waktu yang lalu.