POPULAR STORIES

Cara Merawat Hidrolik Dump Truk Agar Panjang Umur

Cara Merawat Hidrolik Dump Truk Agar Panjang Umur Dump truk Hino dan Mercedes-Benz. (dok/foto: Gata)

KabarOto - Memiliki sistem hidrolik yang berada di bawah bak untuk dapat diangkat sehingga muatan bisa keluar dengan sendirinya, ternyata dump truk juga perlu perawatan serta memiliki cara untuk bongkar muatan.

Hidrolik pada dump truk harus dirawat, agar oli yang berada di dalam tabung tidak bocor serta dapat mengakibatkan bak tidak bisa terangkat dengan baik. Selain dirawat mengangkat bak menggunakan hidrolik juga ada ketentuannya.

“Kalau merawat dump truk itu kita harus rutin bersihkan tangki oli hidrolik dari segala kotoran sehingga kotoran tidak naik ke selang hidrolik,” kata pemilik Putra Mandiri Tehnik (PMT) Karoseri, Suratno beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Jenis Dump Truk Yang Digunakan Industri Konstruksi Dan Pertambangan

Mitsubishi Fuso Fighter Dump Truk (dok/foto: Gata)

Menurut pria yang akrab disapa Nuno ini, dengan membersihkan tangki oli hidrolik dari kotoran, maka dapat menghindari goresan yang terjadi pada as hidrolik, sehingga hidrolik tidak bekerja dengan baik.

“Selain membersihkan tangki oli hidrolik, pengemudi juga harus tau tehnik saat membuang muatan, bahwa dump truk itu saat buang muatan permukaan jalannya harus rata, ini sangat penting untuk diketahui,” ujarnya.

Membuang muatan di permukaan yang rata, kata Nuno, dapat menjaga ke awetan dari hidrolik bak tersebut karena jika berada di permukaan yang tidak rata, maka sistem hidrolik pada beban akan terpusat pada saat membuang muatan.

Baca juga: Profil Mercedes-Benz Actros 4063S 6x4, Penakluk Medan Tambang

Hino 300 dump truk. (dok/foto: Gata)

“Contohnya, jika saat buang muatan permukaan jalan tidak rata atau miring ke kiri, maka beban akan terpusat disebelah kiri, sehingga sistem hidrolik akan bertumpu pada bagian kiri. Ini yang menyebabkan hidrolik cepat rusak,”ungkapnya.

Bila sistem hidrolik sudah rusak, lanjut Nuno maka konsekuensinya harus diganti dengan yang baru, ia mengatakan jika menggunakan sistem hidrolik yang bagus biayanya mencapai Rp 40 juta untuk satu set.

“Untuk biayanya ya tergantung kerusakan, lalu soal harga juga tergantung merek hidrolik yang di pakai. Intinya kalau dump truk itu memang harus benar – benar diperhatikan baik dari hidrolik dan tata cara saat buang muatan,” imbuhnya.