POPULAR STORIES

Intip Spesifikasi Lengkap Truk Mercedes-Benz Arocs 4845K 8x4 Euro 5

Intip Spesifikasi Lengkap Truk Mercedes-Benz Arocs 4845K 8x4 Euro 5 Truk Mercedes-Benz Arocs 4845K 8x4. (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Mercedes-Benz Arocs merupakan truk tugas berat (heavy duty) yang menjadi salah satu model truk andalan PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) selaku distributor resmi truk dan bus Mercedes-Benz di Indonesia yang hadir dalam beragam tipe dan varian.

Salah satunya adalah Mercedes-Benz Arocs 4845K 8×4, truk yang menjadi pilihan utama DCVI untuk memenuhi kebutuhan armada pertambangan atau pertambangan di Indonesia. Truk ini menonjol karena kemampuan operasionalnya yang aman, efisien, dan andal dalam kinerja.

Truk heavy duty yang dibawa atau CBU (Compeletely Built Up) langsung dari Jerman ini hadir dengan beberapa penyegaran di sisi ekterior, interior hingga performa yang sesuai kebutuhan sektor pertambangan namun tetap ramah lingkungan.

Eksterior Truk Arocs 4845K (Foto: KabarOto)

Meski menjadi kendaraan tambang, truk ini masih mempertahankan desain grill depan yang memiliki kesan karakter tangguh dalam menghadapi segala medan yang dipadu dengan logo bintang segitiga besar yang memberikan kesan premium sesuai stigma merek Mercedes-Benz.

Baca Juga: Ini Alasan Truk Heavy Duty Andalkan Sistem Rem Full Air Brake

Penyegaran Keamanan pada Truk Mercedes-Benz Arocs 4845K

Truk Mercedes-Benz Arocs 4845K ini telah disematkan dengan berbagai penyegaran di sektor keamanan seperti besi pelindung yang tersebar mulai dari lampu utama hingga di area radiator untuk melindungi truk dari ‘cipratan-cipratan’ benda padat seperti batu di area pertambangan.

Secara dimensi, truk Mercedes-Benz Arocs 4845K ini memiliki total panjang keseluruhan yang mencapai 9.925 mm, lebar 2.500 mm, tinggi 3.885 mm dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 5.700 mm serta radius putar yang mencapai 11.940.

Eksterior Truk Arocs 4845K. (Foto: KabarOto)

Dimensi dan Fitur Ekstrem Truk Mercedes-Benz Arocs 4845K

Untuk memperkuat truk dalam mengahadapi medan-medan ekstrim, bagian bawah bumper truk ini sudah dilengkapi dengan pelindung baja yang menyatu dengan bullbar serta penggunaan pelek baja 24 inci yang dengan ban Goodyear Off-Road Pro berukuran 325/95R24.

Interior Mewah dan Fungsional Truk Mercedes-Benz Arocs 4845K

Masuk ke interior, kesan mewah merek Mercedes-Benz tetap diterjemahkan lewat layout kabin yang berbeda dari model truk lainnya. Dimana truk ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas mulai AC, Central-lock, hingga layar entertaint berukuran sekitar 10 inci yang cukup informatif.

Baca Juga: Profil Scania P320-A6X4 Euro 5, Truk Heavy Duty Premium Asal Swedia

Hal yang paling menarik terlihat pada pada meter cluster yang sudah dilengkapi dengan variabel green band indikator yang dapat menunjukkan pengemudi terkait batas kecepatan yang diperlukan untuk meminimalkan konsumsi bahan bakar.

Interior Truk Arocs 4845K (Foto: KabarOto)

Kursi kemudinya sendiri sudah menggunakan kursi pilot atau yang akrab disebut dengan captain seat, dimana kursi tersebut dilengkapi dengan headrest yang lebar dan armrest yang dapat dilipat serta kursi teleskopik yang dapat dinaik-turunkan sesuai kenyamanan pengemudi.

Performa Mesin dan Transmisi Truk Mercedes-Benz Arocs 4845K

Soal spesifikasi, truk Mercedes-Benz Arocs 4845K ini dipersenjatai dengan mesin diesel OM471LA generasi kedua, 6-silinder segaris, Euro 5 berkapasitas 12.809 cc (12.8L) yang dapat memompa tenaga 442 dk di putaran 1.600 rpm dengan torsi 2.200 Nm di putaran 1.100 rpm.

Tenaga dan torsi itu ditransfer ke penggerak roda berkonfigurasi 8×4 dengan transmisi otomatis MercedesPowershift 3 16-percepatan dengan tingkat rasio gigi akhir mencapai 6.000 serta dilengkapi sistem Power Take-Off (PTO) yang memudahkan dalam melakukan perpindahan gigi.

Mesin Truk Arocs 4845K (Foto: KabarOto)

Sebagai penunjang emisi Euro 5, mesin Arcos 4845K ini juga dilengkapi dengan teknologi sistem pembakaran Selective Catalytic Reduction (SCR) dan AdBlue yang akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin

Ditambah lagi, mesin truk rigid seberat 48 ton ini juga sudah dibekali dengan sistem canggih Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump) yang dinilai dapat mengurangi kebocoran bahan bakar (fuel leaking) sehingga tidak tercampur dengan oli.

Baca Juga: Profil Truk Heavy Duty Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4 Euro 5

Dengan adanya kombinasi dari sistem canggih SCR dan ZPD Pump, DCVI percaya bahwa truk Mercedes-Benz Arocs Euro 5 akan memberikan waktu operasi (uptime) yang tinggi dengan interval perawatan yang lebih panjang hingga 50.000 km.

Tangki AdBlue Truk Arocs 4845K (Foto: KabarOto)

Fitur Terbaru dan Kemampuan Truk Mercedes-Benz Arocs 4845K

Truk Actros Euro 5 ini juga memiliki fitur-fitur terbaru, diantaranya adalah teknologi Three Steps High Performance Engine Brake, sistem X-Pulse generasi kedua dan adanya Variably Controllable EGR Flap untuk menghasilkan tenaga yang optimal di segala medan.

Tak hanya itu, adapun fitur-fitur yang disematkan pada truk mencakup rem ABS, fitur crawler, differential locks, dan lain sebagainya, untuk menunjukkan kemampuan merayap di medan berat dan tanjakan terjal, artikulasi roda, serta penguncian poros roda dan diferensial.

Saat ini, Mercedes-Benz Arocs Euro 5 sudah dapat dipesan di diler resmi DCVI dengan harga jual mulai dari sekitar Rp3 Miliar off the road. AdBlue sebagai cairan katalisator untuk pembakaran emisi yang lebih baik kini juga tersedia di seluruh jaringan diler resmi DCVI.

Baca Juga: Profil Sasis Bus Generasi Baru Scania K450CB 6×2