POPULAR STORIES

Ini Kunci Terciptanya Zero Accident Di Indonesia

Ini Kunci Terciptanya Zero Accident di Indonesia Anak-anak sangat penting diberi pelatihan safet riding sejak kecil

KabarOto.com - Sepeda motor saat ini menjadi alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, untuk menjalankan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, edukasi tentang keselamatan berlalu lintas juga wajib dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. Edukasi satunya harus diberikan sejak dini oleh anak di bawah umur yang mengenyam pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK) dan Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD).

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, pendidikan sejak dini kepada anak di bawah umur merupakan hal yang perlu dilakukan, agar anak-anak mendapatkan ilmu dan pemahaman melalui metode bermain dan belajar mengenai keselamatan berkendara.

Baca Juga: Honda Latih Safety Riding Puluhan Kurir E-Commerce

Pelaksanaan safety riding untuk anak-anak di Jawa Barat

“Melalui tim Instruktur Safety Riding DAM juga secara rutin memberikan pelatihan safety riding untuk anak di bawah umur,” jelas Ludhy.

Tujuannya, untuk menumbuhkan kesadaran mengenai keselamatan berkendara sejak dini.

Materi yang diberikan juga beragam, di antaranya pentingnya menggunakan helm dan jaket saat berkendara, cara dibonceng yang benar ketika menggunakan sepeda motor bersama orang tua. Selanjutnya juga cara menyeberang di jalan raya, cara menggunakan sepeda yang aman, hingga memberikan edukasi kepada orang tuanya mengenai keselamatan berkendara.

Anak-anak juga diberikan pengetahuan mengenai ilmu dasar rambu-rambu lalu lintas mulai dari warna, bentuk gambar, dan arti dari masing-masing rambu lalu lintas tersebut.

Edukasi keselamatan berkendara dilakukan secara virtual

“Hal tersebut dilakukan dengan menggunakan metode bermain sambil belajar kepada anak-anak," tambahnya. Dengan demikian anak-anak akan lebih mengerti dan bersenang-senang bersama para instruktur yang mengajar.

Materi mengenai #Cari_Aman juga diberikan kepada anak-anak agar mereka mengetahui bahwa dengan #Cari_Aman mereka akan terlihat lebih keren, merasa nyaman dan aman ketika dibonceng oleh orang tua saat berpergian.

Baca Juga: Astra Honda Motor Ajak Generasi Muda Kampanye Safety Riding Lewat Kompetisi Video

“Pendidikan sejak dini kepada anak-anak dibawah umur merupakan kunci utama terciptanya zero accident kelak di Indonesia," tambahnya. Pendidikan mengenai keselamatan akan tertanam di dalam diri anak-anak, dengan harapan akan di aplikasikan dikehidupan mereka kelak ketika mereka dewasa.