POPULAR STORIES

Kenali Jenis Aki Yang Digunakan Sebelum Lakukan Perawatan

Kenali Jenis Aki yang Digunakan Sebelum Lakukan Perawatan Mesin Xpander 2018 (Foto: Kipli/KO)

KabarOto.com - Saat kondisi pandemik virus Corona atau Covid-19 seperti sekarang, tentu banyak Sobat KabarOto yang selalu #DiRumahAja sesuai anjuran pemerintah. Namun, setelah lebih dari satu bulan berdiam diri di rumah kendaraan ikut berdiam di garasi.

Walaupun sekarang jarang digunakan, kondisi kendaraan harus tetap dijaga. Sehingga, ketika sewaktu-waktu akan digunakan tidak terjadi masalah. Salah satu bagian penting yang tak boleh luput dari perawatan adalah aki.

Baca Juga: Lakukan Ini Untuk Perawatan Aki Motor Selama Tidak Digunakan

Begitu banyak tips yang diberikan terkait perawatan aki. Tapi, yang paling utama adalah mengenali jenis aki yang digunakan.

Hal tersebut sesuai dengan yang Boediarto selaku Head of Aster Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales jelaskan dalam keterangannya. Sebelum melakukan perawatan lebih jauh, kenali dulu jenis aki yang digunakan oleh Sobat KabarOto.

Ada dua jenis aki yaitu kering dan basah. Aki basah kondisinya bisa dicek dengan memerhatikan batas atas dan batas bawah cairan elektrolit. Apabila batas cairan mendekati bawah berarti harus segera ditambah.

Sedangkan aki kering memiliki indikator warna kemampuan aki. Warna biru menandakan aki masih dalam kondisi prima, sementara putih tandanya aki butuh tambah setrum. Kalau merah tandanya aki harus diganti. Aki jenis ini masuk dala kategori maintenance free.