POPULAR STORIES

Ini Mesin Perang X-Raid MINI JCW Team Di Dakar 2023

Ini Mesin Perang X-Raid MINI JCW Team di Dakar 2023 Dok : X-Raid MINI JCW Team.

KabarOto.com - X-Raid MINI JCW Team menggunakan mobil yang cukup unik di Dakar 2023, yakni MINI John Cooper Works Rally Plus. Mobil itu dikemudikan oleh Jakub Przygonski, dan navigator Armand Moleon.

Mobil ini menggunakan basis MINI Countryman dengan dimensi yang disesuaikan dengan desainnya yang sudah dimodifikasi, memiliki panjang 4.400 mm, lebar 2.300 mm, dan tinggi 2.168 mm. Bobotnya punya meningkat jadi 2.040 kg.

Baca juga: Truk Tatra Phoenix Penakluk Reli Dakar 2023 Berbahan Bakar Biodiesel HVO

Sasisnya sudah dimodifikasi tubular, dengan bodi yang sebagian besar juga sudah sangat berbeda mulai dari bagian bumper depan, fender flare, hingga diffuser belakang disesuaikan dengan kebutuhan. Bahan bodi menggunakan karbon demi mengejar bobot ringan.

Untuk kaki-kaki menggunakan pelek forged ukuran 17, dibalut ban BF Goodrich ukuran 37/12,5 R17 dengan 2 buah ban pengganti. Dibalik pelek ada kaliper rem Brembo 6 piston dan disc brake 355 mm. Sementara suspensinya model double wishbone, dengan double suspensi di setiap roda.

Mobil ini tetap mempertahankan tampilan khas MINI di banyak area. Perubahan eksterior yang terlihat adalah bagian depan yang lebih panjang dan lebar serta sayap yang lebih lebar. Selain itu, para insinyur mampu mengoptimalkan aerodinamika, yang meningkatkan pendinginan rem dan peredam.

Kategori T1+ diperkenalkan pada tahun 2022 dan merupakan campuran dari regulasi 4x4 dan buggy. Misalnya, MINI JCW Rally Plus memiliki penggerak semua roda, dipasangkan dengan jarak sumbu roda yang lebih lebar, lebar lintasan yang lebih lebar, dan perjalanan suspensi yang lebih tinggi. Namun, kemampuan mengontrol tekanan ban dari kokpit dikhususkan untuk kategori buggy.

Soal mesin, menggunakan mesin BMW single turbo, berkapasitas 2.993 cc yang diisi bahan bakar Hydrotreated Vegetable Oil (HVO) diesel. Memiliki tenaga 358 dk dan torsi 800 Nm.

Alhasil, bahan bakar tersebut tidak bersaing dengan produksi pangan seperti HVO1. Selain itu, ke depannya tenaga mesin tidak lagi diatur oleh pembatas udara, melainkan secara elektronik. Bersama dengan bahan bakar HVO, X-raid menghasilkan penghematan CO2 yang sangat besar.

Tenaga dari mesin disalurkan ke penggerak all-wheel drive (AWD), melalui Sadev 6 percepatan sequential, dan kopling AP Racing. Sistem penggerak juga sudah memakai differential Xtrac di depan dan belakang, memberikan kecepatan maksimal 170 kpj.

Baca juga: Profil Husqvarna FR 450 Yang Berlaga Di Reli Dakar 2023

Bagian interior menggunakan roll cage 6 titik demi menjamin keamanan pembalap di dalam, lalu jok balap karbon, dengan sabuk pengaman 6 titik sesuai standar FIA. Fitur kenyamanan di sini hanyalah dual AC, dan disematkan juga pemadam.

X-RAID MINI JCW TEAM

  • MINI

  • JOHN COOPER WORKS PLUS

  • X-Raid Mini JCW Team

  • X-Raid Mini JCW Team

  • T1+: Prototype Cross-Country Cars 4x4