POPULAR STORIES

Ini Motor Dan Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Di Balai Lelang

Ini Motor dan Mobil Bekas Paling Banyak Dicari di Balai Lelang

KabarOto.com - Penjualan mobil dan motor baru di tahun 2020 menurun drastis. Hal ini karena akibat Pandemik Covid-19 yang masih terus mengancam hingga hari ini.

Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penurunan penjualan sampai dengan 50 persen pada bulan November dibanding dengan periode yang sama tahun 2019 lalu. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) juga mencatatkan, penurunan penjualan sampai lebih dari 40%.

Baca Juga: Mobil Lawas GMC Vandura 1979 Asli Film The A Team Dilelang

Namun berbeda dengan penjualan mobil dan motor di balai lelang, yang justru meningkat. Dari catatan platform lelang otomotif PT JBA Indonesia, sampai dengan akhir tahun ini, perusahaan telah prediksi kendaraan yang dilelang pada Januari sampai Desember 2020 mencapai 100 ribu unit.

Motor bekasdi balai lelang JBA

Deny Gunawan, Chief Operating Officer PT JBA Indonesia memprediksi, angka ini akan terus naik sampai penutupan tahun 2020. "Kami masih mengadakan lelang sampai minggu terakhir Desember," jelasnya, beberapa waktu lalu.

Deny mengatakan, meski pandemik ternyata trend penjualan dan pembelian kendaraan bekas justru meningkat. "Untuk presentasenya jumlah pembeli kendaraan bekas naik 75% dibanding tahun lalu," tambahnya.

Apa yang membuat penjualan naik? Deny menuturkan, karena semakin banyak masyarakat yang ingin memiliki kendaraan pribadi, untuk memudahkan mobilitas selama pandemik. "Mereka kurangi naik transportasi umum, untuk mencegah penularan corona," terangnya.

Baca Juga: Hasil Lelang Helm Sebastian Vettel Laku Rp3,8 Miliar

Motor-motor yang paling laris di JBA Jakarta, Bekasi, Sidoarjo, Semarang, Bandung, Lampung, Pekanbaru, Medan, Palembang, Makassar, Manado, Balikpapan, Banjarmasin dan Pontianak selama tahun 2020 adalah Honda BeAT, Yamaha Mio, Honda Vario, Yamaha NMax, Yamaha Mio Fino. Sementara itu, untuk mobil yang terlaris adalah Toyota Avanza G, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza E, Daihatsu Gran Max dan Toyota Innova G