POPULAR STORIES

Ini Nasabah Yang Mendapat Kelonggaran Cicilan Kendaraan

Ini Nasabah yang Mendapat Kelonggaran Cicilan Kendaraan pekerjaan sektor informal dan atau pengusaha UMKM mendapat keringanan

KabarOto.com - Mengikuti arahan pemerintah dan juga Ototritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK), PT Adira Finance akan memberikan keringanan pembiayaan dengan cara relaksasi atau kelonggaran cicilan sampai dengan satu tahun.

"Yang paling umum dilakukan adalah perpanjang tenor pinjaman, jadi misalnya tinggal 1 tahun itu bisa diperpanjang sampai 1 tahun lagi, tergantung konsumen," ujar Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance dalam video conference, Selasa (31/3/2020).

Baca Juga: Cara Adira Finance Berikan DP 0% Untuk Kredit Kendaraan Bermotor

Hal itu untuk mengurangi beban nasabah terdampak virus Corona yang menyebabkan terjadinya kredit macet (Non Performing Loan/NPL).

Para pekerja Informal

Syarat itu sejalan dengan yang sudah disepakati asosiasi perusahaan pembiayaan Indonesia (APPI) dan Otoritas Jasa Keuangan, yaitu nasabah yang terkena dampak corona dengan pinjaman di bawah Rp 10 miliar, pekerjaan sektor informal dan atau pengusaha UMKM.

Nasabah juga tidak mempunyai tunggakan sebelum tanggal 2 Maret 2020, saat pemerintah umumkan kasus Corona dan terakhir pemegang unit kendaraan atau jaminan atau pemohon. Namun, menurut dia, syarat itu bisa saja berubah.

Sementara itu Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila menjelaskan, di tengah kondisi yang terjadi saat ini, dia pesimis target pembiayaan yang telah ditentukan akan tercapai. Adira menurut dia juga akan lebih teliti dalam menerima debitur baru.

Manajemen Adira Finance

"Bicara NPL itu ada dua hal, yang pertama eksisting debitur yang terkena dampak virus Corona dan yang kedua debitur baru yang perlu lebih selektif lagi untuk kelola," terangnya.

"Tapi kalian juga harus ingat, dampak ini mulai terasa pada Maret. Jadi, laporan Maret baru akan diselesaikan beberapa hari ke depan," tambah dia.

Baca Juga: Adira Finance Lunasi Cicilan Konsumen

Manajemen Adira Finance pun berharap, keadaan ini cepat berangsur membaik agar dapat mengembalikan dan memulihkan perekonomian bangsa Indonesia.