POPULAR STORIES

Ini Outfit Ideal Untuk Jaga Keselamatan Bikers

Ini Outfit Ideal untuk Jaga Keselamatan Bikers Outfit ideal saat riding (Foto: Darius dan Donna)

KabarOto.com - Mengendarai sepeda motor kini sangat membantu untuk memudahkan aktivitas. Ditambah transportasi ini mempercepat mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain, karena mampu menyelinap di antara kemacetan lalu lintas.

Baca Juga: Supaya Awet, Ini Cara Merawat Masker Bikers Ferrox Terbaru

Gunakan helm full face (Foto: Kipli/KO)

Sebagai pengendara sepeda motor juga harus memerhatikan keselamatan. Selama ini yang tertanam oleh pengendara, perlengkapan keselamatan sepeda motor yang utama adalah helm. Padahal tidak hanya itu, Sobat KabarOto juga harus menyiapkan berbagai peranti lainnya.

Tidak boleh sembarangan, perlengkapan keselamatan tersebut memiliki standar idealnya masing-masing. Keselamatan tidak melulu sesuai dengan kenyamanan, sehingga ada perlengkapan yang mungkin dirasa tidak membuat nyaman apabila digunakan untuk sehari-hari.

Sobat KabarOto harus tahu juga, nih! Adapun helm saja ada dua tipe standar. Standar ideal yaitu helm full face dan standar minimum yaitu half face. Selain helm, Sobat KabarOto juga harus menyiapkan jaket. Rekomendasi dari Jusri Pulubuhu selaku instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), standar idealnya gunakan jaket yang berbahan kulit.

Pilihan jaket denim atau kulit guna melindungi tubuh

"Idealnya jaket yang bahannya kulit. Sedangkan standar minimumnya bahan denim, yang tebal. Kalau mau terlihat bagus bisa pakai kombinasi kulit dan denim. Sekarang kan sudah ada yang bagian tengahnya denim terus lengannya kulit," jelasnya.

Selanjutnya yang tak kalah penting yaitu sepatu. Sobat KabarOto sangat dilarang untuk menggunakan sandal ketika berkendara. Pasalnya, penggunaan sandal tidak dapat menjaga keselamatan kaki terutama bagian mata kaki. Selain itu, sandal juga sangat berisiko slip atau tergelincir karena bahan di telapaknya tidak punya cengkeraman yang bagus.

Baca Juga: 11 Bagian Motor Yang Perlu Dirawat Saat Musim Hujan

Sepatu menutupi ankle (Foto: Wandha/KO)

Bagi perempuan, tidak direkomendasikan menggunakan high heels ketika berkendara. Baik pengguna sepeda motor kopling maupun matic, high heels berisiko membuat kaki keseleo.

"Kalau dia harus melakukan gerakan turun dari floorboard-nya tiba-tiba, bisa keseleo. Lebih-lebih kalau mereka tidak menggunakan skutik, mereka tidak bisa mengoperasikan kontrol dengan benar," tambah Jusri.

Bahkan, sepatu sneakers saja tidak direkomendasikan karena bahannya terlalu tipis dan tingginya tidak mencapai mata kaki.

"Sepatu yang direkomendasikan adalah yang menutupi hingga mata kaki, misalnya boots dengan sol karet sehingga cengkeramannya lebih optimal," tutupnya.