POPULAR STORIES

Ini Perbedaan Harga Truk Volvo Non VDS Dengan VDS

Ini Perbedaan Harga Truk Volvo Non VDS dengan VDS Truk Volvo FMX 400 (KO/Edo)

KabarOto.com - Volvo Trucks Indonesia, sebagai pemegang merek truk Volvo di Tanah Air, pada 20 Juni lalu baru saja memperkenalkan teknologi baru yang disematkan ke dalam produk buatannya.

Teknologi itu bernama Volvo Dynamic Steering, yang menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi.

Baca Juga: Keunggulan Sistem Dynamic Steering Pada Truk Buatan Volvo

Volvo mengatakan, bahwa dengan penggunaan sistem ini dapat mengurangi tenaga yang dibutuhkan dalam mengemudi hingga 85% dan meredam hentakan akibat lubang, jalan tidak rata, jalan berlumpur, pengereman, dan menjaga truk tetap lurus kearah yang dipilih pengemudi.

Pada demonstrasi produk di Sentul, 30 kilometer di luar Jakarta, terlihat bagaimana peran teknologi Volvo Dynamic Steering sangat membantu dalam pengendalian truk buatan Volvo yang bermuatan penuh, dan fitur ini kini tersedia untuk pelanggan di Indonesia.

Truk Volvo FMX dengan VDS dan non VDS tidak ada perbedaan di tampilan

"Fitur ini termasuk perangkat opsional, karena mungkin ada beberapa operasi tertentu yang tidak membutuhkan VDS," kata Bambang Prijono, Direktur PT Wahana Inti Selaras

Untuk harganya, Bambang mengaku belum mendapat informasi resmi, namun ia mengatakan bahwa selisih harga dari unit truk non VDS dengan yang menggunakan VDS tidak terpaut terlalu jauh.

Setir tidak bergoyang bahkan saat melewati jalan off-road

"Kita bisa kira-kira satu unit truk FMX 400 non VDS sebelum PPN 1,7 miliar," ujar Bambang. Harga tersebut merupakan banderol off the road. "karena truk seperti ini tidak pernah digunakan di jalan raya, hanya di lokasi pertambangan jadi tidak perlu on the road," jelas Bambang saat ditemui KabarOto.

Namun Bambang akhirnya membuka sedikit bocoran mengenai prediksi perbedaan harga truk non VDS dengan VDS. "Sekitar 30-40 juta. Memang angkanya tidak terlalu signifikan bila dibandingkan dengan harga truk itu sendiri. Namun untuk urusan safety kan kita memang susah menakar harganya," kata Bambang.

Perangkat VDS

Saat ini, Bambang mengaku bahwa truk berteknologi VDS sudah ada yang mampir ke tempat konsumennya. "Jadi ada kustomer beli unit yang cukup banyak di kita, dan kita selipkan satu uni VDS untuk dicoba. Total ada 6 unit truk berteknologi VDS yang telah di sebar di beberapa tempat," ungkap Bambang.

Baca Juga: Ini Cara Kerja Sistem Dynamic Steering Yang Bikin Nyetir Truk Volvo Bisa Pakai Satu Jari

Setelah ditangan konsumennya, truk berteknologi VDS tersebut mendapat respon yang positif. "Setir terasa lebih stabil walau saat menerobos jalan bergelombang, hentakan dapat teredam dengan baik dan tidak terasa sakit pada tangan lagi," ucap salah seorang driver truk saat memberikan testimoni.

Ketika ditanya mengenai target penjualan truk berteknologi VDS Bambang mengatakan, “Kita inginnya semua pakai VDS karena sesuai dengan konsen Volvo yang mengutamakan safety, tapi itu kembali lagi ke kebijakan masing-masing perusahaan," pungkasnya.

POPULAR STORIES

HOT