POPULAR STORIES

Keunggulan Sistem Dynamic Steering Pada Truk Buatan Volvo

Keunggulan Sistem Dynamic Steering Pada Truk Buatan Volvo Volvo FMX 400 dengan VDS (KO/Edo)

KabarOto.com - Volvo Trucks Indonesia baru saja memperkenalkan teknologi terbarunya yang disematkan ke dalam produk truk buatannya. Teknologi tersebut bernama Volvo Dynamic Steering yang akan membuat roda kemudi pada truk Volvo terasa sangat ringan.

Jurn Terpstra saat memberikan penjelasan

Hal itu dibuktikan saat Volvo mengajak awak media untuk menjajalnya di lintasan semi off-road di daerah Sentul, Jawa Barat. Teknologi itu menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi.

Baca Juga: Kementerian ESDM Road Test B30 Untuk Kendaraan Penumpang Dan Truk

Volvo mengatakan, setidaknya ada 3 keunggulan yang bisa didapat dengan menggunakan teknologi ini. Manfaat sistem VDS dapat diringkas dalam tiga point:

1. Mengurangi tenaga yang dibutuhkan untuk mengemudi hingga 85%

Sehingga sopir dapat lebih bersantai dalam mengemudi tanpa harus selalu merenggangkan bahu dan lengan.

Setir terasa lebih enteng

"Dalam salah satu survey yang kami lakukan sebelumnya, empat dari sepuluh pengemudi mengeluhkan nyeri punggung, leher, bahu atau lengan setiap minggunya. Dengan mengembangkan sistem kemudi ini, kami menawarkan kondisi mengemudi yang lebih santai untuk pengemudi truk Volvo," kata Jurn Terpstra, MD Volvo Truck Indonesia.

2. Mobil tetap berjalan lurus saat kecepatan tinggi

Di jalan bebas hambatan, kontrol presisi ini akan membuat arah gerak kendaraan tetap lurus, sehingga pengemudi akan berkendara dengan lebih menguasai kendali dalam segala tingkat kecepatan. Sistem VDS ini menghilangkan gerak yang tidak perlu pada lingkar kemudi.

Tetap stabil saat melewati jalan bergelombang

3. Mengoreksi secara otomatis saat ada angin samping dan jalan bergelombang

Kondisi permukaan jalan yang tidak rata, seperti ada retakan dan lubang, akan diredam oleh sistem ini. Sehingga kemudi terasa lebih stabil karena pengemudi tidak perlu selalu berusaha mengoreksi arah kendaraan dengan penyesuaian kecil terus menerus pada setir.

Baca Juga: UD Trucks Luncurkan Truk BBM Kekinian

Bahkan dengan sistem ini truk akan tetap berjalan lurus meski ban mengalami pecah dan setir lebih ringan balik ke posisi normal meski saat pengereman mendadak.

Dengan segala keunggulan tersebut, Volvo optimis bahwa produk yang didatangkan secara utuh dari Swedia tersebut akan diterima di Indonesia. "Kami percaya bahwa Volvo Trucks dapat mendorong kemajuan kenyamanan dan keselamatan mengemudi di Indonesia," pungkas Jurn.

POPULAR STORIES

HOT