POPULAR STORIES

Ini Perubahan Jadwal MotoGP Argentina 2022

Ini Perubahan Jadwal MotoGP Argentina 2022 MotoGP Argentina 2018. Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Jadwal MotoGP Argentina 2022 mengalami perubahan akibat permasalah logistik yang belum rampung menjelang hari pertama rangkaian seri ketiga ini.

Rangkaian GP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo awalnya dijadwalkan berlangsung Jumat (1/4) hingga Minggu (3/4) waktu setempat. Namun, adanya permasalahan logistik membuat MotoGP Argentina digeser dan dipadatkan ke hari kedua, Sabtu (2/4).

Baca Juga : Stefan Bradl Gantikan Marquez Di MotoGP Argentina 2022

Pada hari kedua, jadwal kelas utama MotoGP normalnya memuat sesi latihan bebas ketiga dan keempat (FP3-FP4) hingga kualifikasi (Q1-Q2). Namun, karena adanya perubahan jadwal, akhirnya pada hari kedua, bakal membuat sesi latihan bebas (FP1-F3) dan kualifikasi.

Pihak Dorna Sports meniadakan sesi latihan bebas (FP4). Nantinya, hasil gabungan untuk menentukan komposisi pembalap pada sesi kualifikasi hanya akan diambil dari FP1 dan FP2.

“Pada dasarnya ini akan menjadi tantangan, terutama bagi para mekanik. Karena mereka akan bekerja dengan waktu lebih padat. Sabtu akan menjadi hari yang sangat panjang dan sibuk,” ungkap Miguel Oliveira, pembalap Red Bull KTM.

Baca Juga : Yamaha Buka Peluang Duet Baru Untuk MotoGP 2023

Perubahan jadwal ini akibat permasalahan logsitik saat proses pengiriman barang milik tim-tim MotoGP. Kelima pesawat logistik yang diberangkatkan dari Lombok Tengah, NTB dari seri sebelumnya, tiga di antaranya menempuh rute Lombok – Tucuman (daerah dekat Termas de Rio Hondo) dengan transit di Mombasa, Lagos, dan Brasil.

Sementara itu, dua pesawat lainnya bertolak dari Lombok ke Doha, lalu kembali transit di Accra sebelum terbang menuju Tucuman. Kemudian, salah satu dari lima pesawat yang diberangkatkan mengalami kendala saat transit di Mombasa, Kenya. Situasi tersebut membuat pesawat yang telah tiba di Tucuman, diarahkan kembali ke Lombok untuk mengangkut barang lainnya.

Baca Juga : Ini Biaya Tim MotoGP Selama Satu Musim

Masalah logistik menjadi penyebab perubahan jadwal GP Argentina 2022

Namun, pesawat yang kembali ke Lombok juga mengalami masalah ketika transit pada Rabu waktu setempat. Pesawat tersebut mengalami masalah di Mombasa karena sedang menunggu suku cadang dari Eropa dan Timur Tengah hingga Kamis pagi waktu setempat. Pesawat itu diperkirakan bakal kembali lepas landas pada Kamis malam untuk melanjutkan perjalanan ke Lagos dan Brasil.

“Kami belajar banyak dengan pengalaman 30 tahun tentang jenis penerbangan ini. Banyak dari pesawat dari perusahaan Rusia dan kini tidak dapat dikontrak karena perang. Masalahnya, tidak ada lagi yang tersedia. Kami hanya bisa menunggu perbaikan yang ada di Mombasa,” ungkap Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports.

Berikut Jadwal MotoGP Argentina 2022 :

Sabtu, 2 April 2022

Latihan Bebas 1 : 20.35-21.20 WIB

Latihan Bebas 2 : 23.25-00.10 WIB

Minggu, 3 April 2022

Latihan Bebas 3 : 02.25-02.55 WIB

Kualifikasi 1 : 03.05-03.20 WIB

Kualifikasi 2 : 03.30-03.45 WIB

Warm up : 20.40-21.00 WIB

Senin, 4 April 2022

Balapan : 01.00 WIB