POPULAR STORIES

Ini Pilihan Mobil Di Bawah Rp250 Juta Yang Dapat Diskon PPnBM

Ini Pilihan Mobil di Bawah Rp250 Juta yang Dapat Diskon PPnBM

KabarOto.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memberikan izin untuk memperpanjangan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) di awal 2022 ini untuk mobil baru. Namun demikian, aturannya dikabarkan berbeda dengan tahun 2021 lalu.

Kali ini, relaksasi diskon penuh diberikan hanya untuk kategori mobil ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). "Dengan harga penjualan di bawah Rp 200 juta atau yang kita kenal sebagai LCGC," terang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Kendaraan LCGC Diskon PPnBM, Berikut Daftar Dan Harga Lengkapnya

PPnBM saat ini tiga persen, dan pada kuartal pertama (2022) diberikan fasilitas-fasilitas nol persen. "Artinya tiga persen ditanggung pemerintah," tambah Airlangga.

Toyota Rush menjadi salah satu mobil yang mendapat diskon PPnBM


Untuk mobil lainnya, menurut Airlangga, tetap akan mendapatkan diskon pajak, tapi hanya 50%. Itu berlaku untuk mobil dengan harga mulai Rp 200 juta sampai Rp 250 juta.

Tidak seperti tahun lalu, banyak mobil yang harganya di atas Rp250 juta mendapatkan diskon penuh, kali ini diskon hanya setengahnya. Dan pemberian potongan juga dilakukan berdasarkan pajak baru, yakni emisi gas buang.

Airlangga menambahkan, untuk mobil yang memiliki tarif PPnBM 15%, pada kuartal awal diberikan 50% di tanggung pemerintah. Masyarakat hanya membayar 7,5% saja.

"Pada kuartal kedua sudah harus membayar penuh, yakni 15%," tambah Airlangga lagi. Lalu mobil apa saja yang dapat menikmati PPnBM 50% sampai Maret 2022? Belum ada informasi resmi. Kemungkinan besar, seperti tahun lalu, mobil yang menggunakan komponen lokal di atas 80%.

Jika mengacu pada peraturan tersebut, sudah dipastikan, kendaraan yang mendapat sedikit diskon PPnBM tersebut di antaranya All New Toyota Avanza, Toyota Raize, All New Daihatsu Xenia, Daihatsu Rocky dan Terios, Mitsubishi Xpander, Honda Brio RS, serta Suzuki Ertiga dan XL7.

Baca Juga: Ada 319 Industri Komponen Mobil Merasakan Dampak PPnBM

Namun, dari semua merek itu, tidak semuanya mendapat potongan 50%. Karena ada varian-varian tertentu yang harganya sudah di atas Rp250 juta.