POPULAR STORIES

Ini Riding Gear Yang Wajib Digunakan Saat Off-Road

Ini Riding Gear yang Wajib Digunakan saat Off-Road Penegnadara trail di jalur off-road harus gunakan riding gear lengkap

KabarOto.com - Motor trail saat ini banyak digunakan oleh pencinta petualang. Mereka bisa menjelajah ke berbagai daerah pelosok perbukitan hingga pegunungan. Namun ada hal yang harus diperhatikan bagi Anda yang gemar off-road, keselamatan tetap menjadi yang utama. Riding gear harus digunakan, untuk menunjang keselamatan selama melakukan kegiatan off-road.

Baca Juga: Komunitas Honda CRF 250 Rally Gelar Adventure Sekaligus Donasi Ke Bogor

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky, mengatakan, riding gear yang digunakan untuk kegiatan off-road dan jalan raya tidak jauh berbeda. Namun terdapat beberapa elemen riding gear yang memiliki bentuk dan spesifikasi yang berbeda. Lucky menjelaskan beberapa perlengkapan berkendara yang harus digunakan saat off-road gunakan motor trail:

Helm
Perlengkapan berkendara yang satu ini tidak hanya digunakan untuk off-road, tapi juga untuk harian. Fungsinya menghindari benturan secara langsung. Namun terdapat perbedaan bentuk pada helm untuk berkendara off road, yakni bagian pelindung rahang helm off road lebih panjang dengan tujuan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara serta meminimalisir efek benturan pada bagian gigi dan rahang saat terjadi benturan.

“Helm untuk off road biasanya tidak memiliki visor," terangnya. Pet di helm off road juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya,” terang Lucky.

Goggle
Ini sebagai pengganti visor sebagai pindung mata dari kerikil dan pasir, sekaligus mencegah terjadinya pengembunan di kaca helm akibat proses pernapasan ketika berkendara.

“Saat berkendara off road, kinerja fisik lebih dipacu sehingga menyebabkan dibutuhkannya oksigen yang lebih banyak untuk tubuh," tambahnya. Itu berpotensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor. Goggle juga untuk membantu pengendara mendapatkan sirkulasi udara pernapasan, yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor.

Jersey dan Sarung Tangan
Pakaian ini bahannya mudah menyerap keringat dan cepat kering. Tujuannya mencegah pengendara mengalami masalah kesehatan akibat menggunakan pakaian basah dalam jangka waktu yang lama. Jersey juga bahannya ringan memudahkan pengendara melakukan pergerakan ketika melalui medan off-road.

Sarung tangan juga sangat penting, usahakan menggunakan pelindung berbahan kain yang lembut. Tujuannya memaksimalkan pergerakan tangan dan jari yang membutuhkan keleluasaan yang lebih cepat saat berkendara melintasi jalanan yang cukup ekstrem.

Chest, Inner Knee dan Elbow Protector
Saat berkendara off-road ada resiko terjatuh di tanah atau bebatuan, Chest Protector ini tujuannya melindungi bagian dada pengendara dari benturan dengan setang kemudi atau benda asing yang terlempar mengarah ke bagian dada. Selain itu juga perlu menggunakan Inner Knee dan Elbow Protector guna melindungi bagian siku dan lutut pengendara saat terjatuh.

Sepatu
Perlengkapan ini ditujukan melindungi kaki tepatnya tulang kering dari cedera akibat jatuh dan tertimpa motor, atau terkena batang pohon dan batu selama berada di perjalanan. Sepatu yang digunakan juga harus tinggi menutupi mata kaki sampau ke betis.

Baca Juga: Baru Dipasarkan, Ratusan Jackstand Untuk Motor Trail Ludes Terjual

“Sepatu juga penting, harus memiliki bahan yang lebih kaku namun tetap mudah dalam menggerakan pergelangan," jelas Lucky. Selain itu, menurut dia, fungsinya untuk mencegah cedera pada persendian pergelangan kaki saat menahan beban yang berat di medan yang licin,” ujar Lucky.